SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Persiapan Calon Independen Pilkada Karimun, Syarat Minimal 17.051 Dukungan

  • Reporter:
  • Kamis, 31 Oktober 2019 | 10:07
  • Dibaca : 59 kali
Persiapan Calon Independen Pilkada Karimun, Syarat Minimal 17.051 Dukungan
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko memberikan keterangan kepada wartawan terkait persiapan Pilkada 2020 di Karimun, Rabu (30/10). /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun Eko Purwandoko mengatakan, syarat dukungan untuk calon Bupati dan Wakil Bupati untuk perorangan (independen) harus memenuhi dukungan minimal 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

“Dukungan tersebut harus tersebar diminimal tujuh Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun,” katanya, Rabu (30/10).

Eko menyampaikan penyerahan dukungan tersebut dijadwalkan pada tanggal 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020 nanti, dan untuk selanjutnya dilakukan penelitian administrasinya.

“Kalau untuk perorangan ada beda syaratnya. Di antaranya dukungan minimal 10 persen dari DPT terakhir. Misalnya pada pemilu kemarin jumlah DPT kita adalah 170.505 pemilih jadi 10 persennya setelah pembulatan menjadi 17.051 dukungan,” kata dia.

Dari jumlah dukungan 17.051 tersebut, kata dia, harus tersebar di minimal tujuh Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun, dan untuk jumlah komposisinya pada tingkat Kecamatan tersebut tidak diatur.

“Bebas berapa saja dukungannya pada tiap Kecamatan yang penting seluruh total dukungan minimal 10 persen dari jumlah DPT terakhir tadi. Dan bila syarat itu dipenuhi maka dilanjutkan nanti untuk verifikasi faktual,” katanya.

Disinggung tentang pendaftaran calon dari partai politik, Eko mengatakan jadwal pendaftaran untuk pasangan calon akan dibuka pada bulan Juni 2020 mendatang.

“Kalau pendaftaran semua nantinya pada bulan Juni 2020. Kalau perorangan tadikan harus menyerahkan dukungan dulu untuk verifikasi tahap awal, jadi semuanya pada bulan Juni 2020 tahun depan. Untuk jelasnya tangga 25 November ini akan kita buat pengumuman apa saja tahapan pemilukada nanti,” jelasnya.

ernis hutabarat

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com