SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Persyaratan BAP Bakal Dihapus, Hambat Pengiriman Limbah B3

  • Reporter:
  • Rabu, 15 November 2017 | 13:45
  • Dibaca : 63 kali
Persyaratan BAP Bakal Dihapus, Hambat Pengiriman Limbah B3
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Pemko Batam tengah mengkaji penghapusan berita acara pengawasan (BAP) limbah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam masih melakukan kajian untuk merevisi Perda Nomor 04 Tahun 2016 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, sebab ada beberapa pasal yang dinilai tidak lagi sesuai dengan kondisi saat ini.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengakui sejak ditangkapnya Kepala DLH Batam, Dendi Purnomo beberapa waktu lalu, DLH memang belum ada mengeluarkan izin BAP untuk pengiriman limbah B3 ke luar Batam. Hal tersebut karena dokumen harus ditandatangani oleh kepala dinas. “Saat ini sedang kami bahas. Berdasarkan laporan Plt Kepala DLH Batam, BAP itu sebenarnya tidak perlu, jadi sedang kami evaluasi Perdanya,” kata Rudi di Batam Centre, Selasa (14/11/2017).

Wali Kota mengaku sudah mendengar informasi terkait adanya 100 kontainer limbah B3 yang sekarang menumpuk di Pelabuhan Batuampar. Kendati belum terlalu khawatir, tapi ia yakin permasalahan yang dikeluhkan oleh Asosiasi Pengusaha Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (Aspel B3) akan segera selesai.

Namun dalam revisi Perda tentu harus koordinasi dengan DPRD Batam, sebab itu pihaknya juga masih menuggu laporan dari DLH karena karena baru akan dikomunikasikan dengan DPRD. Ia memastikan dalam waktu dekat ini masalah tersebut akan ditindaklanjuti untuk diselesaikan. “Tunggu saja lah, kalau BAP itu memang tidak perlu akan dihilangkan saja nanti,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com