SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pertanian Kecamatan Buru Kembangkan Jagung Kualitas Ekspor

  • Reporter:
  • Selasa, 6 Juni 2017 | 13:19
  • Dibaca : 155 kali
Pertanian Kecamatan Buru Kembangkan Jagung Kualitas Ekspor
ilustrasi

BURU – Pemerintah Kecamatan Buru menggalakkan penanaman jagung kualitas unggul yang dan akan diekspor ke Singapura. Untuk sementara, lahan yang sudah bakal digarap lebih dari 500 hektare.

Camat Buru Helmi mengatakan, jika tanaman jagung itu berhasil, maka akan ada ratusan bahkan ribuan ton jagung yang bisa dihasilkan dan sangat menguntungkan bagi para petani. Sebagai langkah awal, sudah dilakukan verifikasi terhadap lahan seluas sekitar 500 hektare milik ratusan petani dan masyarakat umum untuk mengelola jagung.

“Hasilnya akan sangat banyak sekali, saya sendiri tidak dapat menghitung dengan hanya perkiraan. Kami pun optimis ini akan berhasil, karena hasil panen akan ditampung investor dari Singapura,” ujar Helmi, kemarin.

Bupati kata Helmi, sudah memerintahkan agar segera melakukan verifikasi lahan. Sehingga dia pun sudah membicarakan hal tersebut kepada Kepala Dinas Pertanian Karimun M Arfan. Hasilnya nanti setelah Lebaran akan mulai eksen. Mulai dari pengukuran lahan dan pembersihan

Menurut dia, cukup banyak petani di Kecamatan Buru yang siap menggarap lahan pertanian jagung tersebut. Bahkan sudah ada beberapa kelompok yang disosialisasikan sebelum Ramadan.

Beberapa tahapan lainnya, kata Helmi, sudah memerintahkan kepada para lurah dan kades untuk mendata secepatnya berapa jumlah lahan masing-masing yang dimiliki masyarakat lalu ditotal.

“Kemudian masyarakat yang punya tanah luas akan ditawari kerjasama menggarap lahan, jadi biar tercover semua. Kalau dari petani sudah siap. Bibit dan pupuk dari Dinas Pertanian, termasuk teknis dan penyuluhannya,” terangnya.

Alasan dikembangkannya tanaman jagung di Kecamatan Buru menurut Helmi, karena di pulau tersebut masih belum nampak pengembangan dari teknologi terbarukan. Pihaknya memutar otak untuk meningkatkan sektor perekonomian masyarakat sekitar dengan cara bertani jagung.

“Salah satu cara mengangkat Kecamatan Buru ya pertanian. Karena ini yang paling mudah diserap masyarakat. Apalagi di Buru pernah dikembangkan padi, itu menandakan tanaman jagung juga akan sangat bagus,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com