SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perusahaan Diminta Utamakan Warga Tempatan

  • Reporter:
  • Senin, 11 Februari 2019 | 09:39
  • Dibaca : 178 kali
Perusahaan Diminta Utamakan Warga Tempatan
ilustrasi

BINTAN – Kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang yang dikelola PT Bintan Alumina Indonesia (PT BAI) di Kecamatan Gunung Kijang diharapkan mampu memprioritaskan tenaga kerja lokal untuk mengurangi angka jumlah pengangguran di Kabupaten Bintan. Pasalnya, KEK Galang Batang diproyeksikan menyerap23 ribu tenaga kerja untuk menunjang aktivitas perusahaan tersebut.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Bintan Hasfarizal Handra mengatakan, dengan jumlah proyeksi tenaga kerja yang cukup besar itu, ia berharap warga Gunung Kijang yang merupakan warga tempatan dipermudah untuk bisa bekerja di perusahaan yang berada di KEK Galang Batang. Saat ini, jumlah tenaga kerja yang ada masih diangka 600-800 tenaga kerja dari total proyeksi yang direncanakan yang akan menampung sebanyak 23 ribu tenaga kerja.

“Untuk itu, saat ini yang sudah memasuki tahap produksi PT BAI sangat membutuhkan banyak tenaga kerja, jadi bagi warga Gunung Kijang, khususnya pemuda-pemudi yang belum bekerja bisa datang ke kami (DPMPTSP) atau ke Dinas Tenaga Kerja Bintan untuk didata, agar kami rekomendasikan kepada pihak perusahaan,” ujar Hasfarizal, kemarin.

Ia mengatakan, pihaknya tidak ingin lagi mendengar adanya keluhan bahwa warga Gunung Kijang atau pemuda Gunung Kijang yang tidak bekerja dan hanya sebagai penonton. “Tidak ada lagi kita dengan warga Gunung Kijang sebagai penonton, tunjukkan kepada kami siapa yang hanya jadi penonton, datang kepada kami, agar kami rekomendasikan untuk bekerja di PT BAI,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, PT BAI sudah menerapkan upah di atas Upah Minumum Kabupaten (UMK) Bintan sebesar Rp3,3 juta. “Upahnya juga sudah di atas UMK, jadi kalau ada sanak saudara kita warga Gunung Kijang, bisa didata dan diserahkan kepada Dinas Tenaga Kerja agar nanti kami data dan kami rekomendasikan untuk bekerja di sana,” katanya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com