SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perusahaan Tunggak Iuran Dilaporkan ke Kejati

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Juni 2018 | 15:58
  • Dibaca : 56 kali
Perusahaan Tunggak Iuran Dilaporkan ke Kejati
ilustrasi

SEKUPANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam Sekupang melaporkan delapan perusahaan yang menunggak iuran ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri.

“Kami sudah berupaya menagih dan pembinaan kepada perusahaan tersebut,” ungkap Kepala BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Jefri Iswanto, kemarin.

Dia menegaskan langkah melapor ke Kejati diambil untuk meningkatkan rasa tanggung jawab perusahaan terhadap hak pekerja. Ketika perusahaan tidak membayar iuaran BPJS Ketenagakerjaan yang dirugikan adalah pekerja. “Jika sesuatu hal buruk menimpa pekerja, BPJS tidak dapat melindungi mereka dari resiko buruk. Pekerjaannya juga yang terkena dampak,” sambung dia.

Jefri menjelaskan BPJS Ketenagakerjaan dalam penyelesaian masalah penunggakan iuran melibatkan tiga institusi yakni pegawai pengawas ketenagakerjaan Kota/Kabupaten, Kejaksaan Negeri atau Kejaksaan Tinggi, dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

“Ada institusi yang berhak menyelesaikan masalah ini,” ujar dia.

Sementara itu, Pengawas Pemeriksa BPJS Ketenagakerjaan Topsan Lumbantoruan mengatakan pelibatan tiga insitusi itu sesuai dengan PP No.85/2013 tentang tata cara hubungan antar lembaga badan penyelenggara jaminan sosial.

Kemudian PP No.86/2013 tentang tata cara pengenaan sanksi administratif kepada pemberi kerja selain penyelenggara negara.

“Juga ada Pemenaker No.23 tahun 2016 tentang tata cara pengenaan dan pencabutan sanksi administratif tidak mendapat pelayanan publik tertentu bagi pemberi kerja selain penyelenggara negara,” ujar dia.

Dia menambahkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuat perusahaan patuh terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya dalam pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. “Sebagai pengawasan agar perusahaan tunduk pada aturan,” tegas dia. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com