SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perusda Anambas Tak Kunjung Beroperasi

  • Reporter:
  • Kamis, 21 November 2019 | 10:58
  • Dibaca : 78 kali
Perusda Anambas Tak Kunjung Beroperasi
Kantor Perusda Anambas Sejahtera di Jalan Ahmad Yani, Siantam, tampak sepi dari aktivitas, Jumat (11/8). /JHON MUNTHE

ANAMBAS – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kepulauan Anambas menyayangkan perusahaan daerah (Perusda) tak kunjung beroperasi. Padahal, Perusda memiliki andil yang besar dalam mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jika dilakukan pengelolaan yang baik banyak sektor yang bisa dijadikan sebagai sumber PAD.

“Pemda harus lebih kreatif dan aktif lagi dalam menggali sumber PAD. Salah satunya melalui Perusda, seharusnya ini sudah bisa memberikan PAD. Namun tak terealisasi karena Perusda belum aktif,” kata Sekretaris Fraksi PAN, Siti Bayu, Rabu (20/11).

Menurut PAN, selain mendongkrak PAD, Perusda juga memiliki fungsi dalam menstabilkan harga bahan pokok. Selain itu Perusda bisa menjalankan unit usaha yang lain maka secara perlahan maka ada penambahan PAD.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menanggapi, saat ini pihaknya masih konsen menyusun rancangan peraturan daerah (Ranperda) Perusda. Jika Perda tersebut selesai maka kemungkinan akan berganti nama menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tentunya dalam menjalankan roda bisnis harus ada landasan hukum yang jelas agar saat pelaksanaan tidak menemui kendala di lapangan.

“Kalau Perda sudah selesai, Perusda akan beroperasi kembali. Saat ini kami masih menyusun Ranperda. Dan akan dilanjutkan dengan membuka pendaftaran calon kepengurusan,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini Perusda Anambas Sejahtera mati suri bahkan kepengurusannya telah diambil alih oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Anambas. Dengan alasan, Perusda tak pernah menyumbang PAD selama mengelola pasar.

jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com