SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pesta Rakyat HUT ke-73 RI Berlangsung Meriah

  • Reporter:
  • Sabtu, 18 Agustus 2018 | 14:09
  • Dibaca : 82 kali
Pesta Rakyat HUT ke-73 RI Berlangsung Meriah
Lomba sampan layar memeriah perayaan HUT ke-73 RI di Kecamatan Belakangpadang, Jumat (17/8). f teguh prihatna

BELAKANGPADANG – Berbagai macam cara dilakukan warga Batam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI, mulai dari mengikuti pelaksanaan upacara bendera, pesta rakyat hingga berbagai kegiatan lainnya untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan mengenang jasa pahlawan pejuang bangsa.

Di Kecamatan Belakangpadang salah satunya. Berbagai perlombaan digelar untuk mengisi kemerdekaan, seperti lomba sampan layar, karnaval budaya hingga lomba gerak jalan.

“Kegiatan ini untuk memperat tali silaturrahmi antar masyarakat, meningkatkan rasa rasionalisme, memupuk solidaritas, dan mengenang jasa pahlawan,” kata Camat Belakangpadang, Asraf Ali saat pagelaran pesta rakyat di Lapangan Lang-Lang Laut, Belakangpadang, Jumat (17/8).

Pesta rakyat di Belakangpadang ini sudah menjadi agenda tahunan dan upaya menarik kunjungan wisatawan. Kegiatan ini berasal dari anggaran Pemerintah Kota (Pemko) Batam. “Kami berterima kasih kepada Pemko Batam yang telah memberi kesempatan kami melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Tak hanya di Kecamatan Belakangpadang, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pulau Putri, Nongsa. Jajaran Polsek Nongsa menggelar berbagai kegiatan mengisi HUT RI, dengan diawali upacara bendera dan dilanjutkan dengan perlombaan permainan rakyat, seperti makan kerupuk, membawa kelereng pakai sendok dan balap karung. “Kami sengaja mengadakan upacara HUT RI di pulau terluar ini,” kata Kapolsek Nongsa, Kompol Albert Perwira Sihite.

Selain instansi pemerintah dan swasta, upacara bendera juga digelar warga blok C RT 03 RW 03 Perumahan Legenda Malaka. Bertempat di lapangan bola voli, warga tampak khidmat menjalani upacara bendera dengan mengenakan busana batik.

“Ini upacara kedua yang kami lakukan. Mudah-mudahan ke depan bisa terus kami laksanakan merayakan hari kemerdekaan,” kata Ketua RT 03 Perumahan Legenda Malaka, Handoyo yang bertindak sebagai pembina upacara.

Bentangkan Bendera di Tengah Laut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri memiliki cara sendiri dalam merayakan kemerdekaan RI, yakni dengan membentangkan bendera merah putih di Perairan Pulau Sore, Bintan.

Aksi membentangkan bendera merah putih ini dilakukan oleh personil gabungan BPBD Kepri dan BPBD Tanjungpinang. Pembentangan bendera di tengah laut ini dilaksanakan pada 11 Agustus lalu. “Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan dalam kegiatan ini, seperti persiapan untuk pembuatan video dan lainnya,” kata Kepala Seksi Operasi Darat BPBD Kepri, Harpin.

Bendera yang dibentangkan di tengah perairan Pulau Sore memiliki panjang 20 meter. Bendera ini dibentangkan oleh 12 personel yang memegang bendera di setiap sisinya selama lebih kurang dua jam. “Saat bendera dibentangkan di laut, ketinggian air laut mencapai 1,5 hingga 2 meter sehingga personil berada di bawah air laut. Makanya kami lengkapi dengan life jacket,” ujarnya.

649 Warga Binaan Dapat Remisi

Sebanyak 649 warga binaan lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Barelang mendapatkan pengurangan masa tahanan pada HUT ke-73 Republik Indonesia. Dari ratusan warga binaan, 48 di antaranya sudah selesai menjalani masa hukuman pokok.

Kalapas Klas II A Barelang, Surianto mengatakan, dari 48 warga binaan sudah selesai menjalani masa hukuman pokokk 9 di antaranya langsung bisa keluar, sedangkan sisanya harus menjalani pidana subsider mulai dari tiga hingga enam bulan ke depan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada.

“39 orang lagi pindah registrasi, yaitu pidana pokoknya sudah selesai namun harus menjalani pidana subsider,” kata Surianto.

Besaran remisi yang diberikan kepada para warga binaan mulai dari satu hingga enam bulan. Yang mendapatkan remisi enam bulan yaitu Rusli Bin Akian, Muslim Bin Abidin, Myo Zaw Bin Tong Nyo dan M Saleh Wasyudi Bin Wastiman. Sedangkan yang mendapatkan remisi satu bulan kata Surianto yaitu Dedi Mulyadi BIn Urtah dan Deni Destian Bin Syamsul.

reni hikmalia/dicky sigit rakasiwi/aini lestari/agung dedi lazuardi/ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com