SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Petani Natuna Dapat Bantuan Traktor

  • Reporter:
  • Rabu, 30 Januari 2019 | 09:40
  • Dibaca : 279 kali
Petani Natuna Dapat Bantuan Traktor
Petani di Kabupaten Natuna mendapatkan bantuan dua traktor dari Kementerian Pertanian untuk mengolah lahan. f sholeh ariyanto

NATUNA – Petani di Kabupaten Natuna mendapatkan bantuan dua traktor dari Kementerian Pertanian untuk mengolah lahan. Kehadiran kendaraan untuk menggemburkan tanah tersebut membuat biaya operasional hemat dan pengerjaan lebih efisien.

Petani Kecamatan Bunguran Tengah, Hasan mengatakan keberadaan traktor tersebut mendapat sambutan positif dari seluruh petani karena dapat menekan biaya operasional dan pengerjaan lebih cepat dari waktu biasanya. “Saya sudah mendaftar sejak beberapa hari lalu dan sekarang baru dapat giliran. Sebab peminatnya banyak sekali,” kata Hasan di Desa Air Lengit, Selasa (29/1).

Menurut dia, cara kerja kendaraan traktor roda empat ini lebih cepat dibandingkan dengan mesin traktor yang menggunakan tangan. Untuk mengerjakan setengah hektare lahan, hanya memerlukan waktu empat jam saja. “Cara kerjanya luar biasa cepat. Ini ada dua traktor, satu alat untuk nyangkul, satu alat untuk penggemburan. Pokoknya lebih cepat,” jelasnya.

Sementara itu, Petugas Dinas Pertanian Kabupaten Natuna Paino mengatakan pihaknya banyak mendapatkan permintaan dari petani untuk menggemburkan lahannya.

“Alat ini disiapkan untuk petani, caranya mudah, silahkan daftar pinjam pakai ke kantor atau menghubungi petugas di lapangan. Kebetulan sementara ini saya juga merangkap sebagai operator,” ujar Paino.

Dalam pengoperasian traktor tersebut, kata dia, ada biaya yang harus dikeluarkan oleh petani. “Biayanya terjangkau, yakni untuk BBM (Bahan Bakar Minyak) dan perawatan,” katanya. sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com