SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Petugas Gagalkan Penyelundupan 24 Kg Sabu di Hang Nadim

  • Reporter:
  • Jumat, 27 Juli 2018 | 11:09
  • Dibaca : 159 kali
Petugas Gagalkan Penyelundupan 24 Kg Sabu di Hang Nadim
Bandara Hang Nadim Batam. fota Arrazy Aditya

BATAM – Aparat keamanan menggagalkan penyelundupan 24 kilogram sabu di Bandara Internasional Hang Nadim sepanjang Januari-Juni 2018.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Internasional Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan dari awal tahun lalu petugas berhasil mengganggalkan beberapa kali upaya penyelundupan narkoba. Total ada sekitar 24 kilogram narkoba dari beberbagai jenis yang berhasi digagalkan selama enam bulan.

“Kami terus melakukan pengawasan ekstra kepada para penumpang mulai dari pintu masuk hingga ke ruang tunggu,” kata Suwarso, Rabu (25/7).

Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh petugas bandara, tapi juga oleh instansi lainnya seperti, Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Bea Cukai Batam. Dengan kerjasama yang baik ini menurut Suwarso, penyelundupan narkoba di Bandara Internasional Hang Nadim dapat digagalkan.

Kemudian pihaknya juga telah melengkapai alat x-ray dan walkthrough metal detector (pemindai tubuh) untuk mendeteksi barang yang dibawa oleh setiap penumpang. Pihaknya saat ini juga tengah berupaya untuk menambah peralatan untuk memperketat keamanan di Bandara.

“Tidak hanya alat, pihaknya juga akan merekrut petugas avition security (Avsec) untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di area Bandara Internasional Hang Nadim Batam,” jelasnya.

Suwarso juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Sehingga upaya-upaya penyelundupan barang haram tersebut bisa cegah, baik yang akan masuk ke Batam ataupun yang akan keluar ke Batam.

“Selain itu juga kami akan terus meningkatkan kerjasama dengan instansi lainnya untuk memberantas peredaran narkotika,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Pengusahaan Batam akan melakukan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI untuk menekan penyelundupan narkotika yang kerap terjadi di Bandara dan Pelabuhan Internasional Batam. Rencananya kerjasama itu akan dilakukan 27 Juli mendatang.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan dengan kerjasama ini tentu diharapkan penyelundupan narkotika yang masuk melalui Batam bisa ditekan. MoU tersebut berkaitan dengan tugas utama dari BNN, pihaknya mengaku siap mendukung tugas BNN terutama dengan penambahan peralatan di Bandara dan Pelabuhan.

“Ruang lingkup kerjasamanya banyak. Misal melakukan modernisasi di Bandara terutama X-Ray, itu salah satunya,” kata Lukita.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com