SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PKK Gunung Kijang Wakili Bintan di Provinsi

  • Reporter:
  • Kamis, 27 April 2017 | 10:05
  • Dibaca : 375 kali
PKK Gunung Kijang Wakili Bintan di Provinsi
Plt Sekda Adi Prihantara dan Ketua TP PKK Debi Marianti Apri, mencicipi menu ikan TP PKK Gunung Kijang dalam lomba masak gemar ikan dan lomba cipta menu B2SA tingkat Kabupaten Bintan, di lapangan Relief Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (26/4).m rofik

BINTAN TIMUR – TP PKK Kecamatan Gunung Kijang kembali keluar sebagai juara lomba masak gemar ikan dan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bintan, di lapangan Relief Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (26/4). Menu makanan berbahan dasar ikan yang mengantarkan kemenangan tersebut dinamai Ikan Patin Gulung Saos Kedelai.

Atas kemenangan tersebut, TP PKK Gunung Kijang berhak menjadi wakil Bintan mengikuti lomba di tingkat Provinsi Kepri yang rencananya digelar di Kota Batam pada 11 Mei mendatang.

Ketua TP PKK Bintan Debi Marianti Apri mengatakan, ajang ini untuk memotivasi ibu-ibu hebat dalam memasak, meskipun memiliki karir di luar rumah.

“Ini adalah ajang untuk menyalurkan bakat dan potensi para ibu dalam mengolah ikan menjadi aneka menu dalam kesehariannya serta mempromosikan makan ikan pada masyarakat luas,” ujarnya.

Melalui lomba, kata dia, juga dapat mendukung program dicanangkan pemerintah pusat, melalui gerakan gemar makan ikan. Sekaligus mengajak masyarakat akan kesadaran nilai gizi ikan dan mendorong kreativitas berbasis pada sumber daya lokal.

“Saya berharap selepas mengikuti lomba ini ibu-ibu bisa saling bertukar resep untuk kemudian diterapkan dalam memasak menu ikan untuk keluarga,” katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bintan Fachrimsyah mengatakan, ikan yang dapat dikreasikan jadi macam-macam masakan adalah ikan patin.

“Juara 1, 2 dan 3 kali ini akan mewakili Bintan di tingkat provinsi. Mudah-mudahan, wakil kita bisa mewakili di tingkat lomba nasional yang rencananya digelar November di Kota Palu,” ujarnya.

Untuk diposisi kedua ditempati perwakilan Kecamatan Bintan Pesisir dan disusul PKK dari Kecamatan Telok Sebong.

“Kami berharap, lomba seperti ini bisa meningkatkan minat/gemar memakan ikan demi pemenuhan gizi masyarakat kita,” katanya.

Sementara, Camat Gunung Kijang Sattrida mengatakan, pihaknya mendorong para PKK Gunung Kijang agar membawa nama baik di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional dalam mengolah masakan berbahan dasar ikan.

“Kami mendorong ibu-ibu untuk terus berlatih dalam mengolah masakan. Supaya persiapan di tingkat provinsi bisa maksimal. Dan saya berharap, kami bisa kembali menjadi juara di tingkat nasional, sebagaimana tahun lalu,” tuturnya.

Kegiatan diselenggarakan TP PKK Bintan bekerjasama dengan DKP Bintan dan Dinas Ketahanan Pangan Bintan mengangkat tema Dengan Membudayakan Gerakan Makan Ikan Serta Memanfaatkan Sumber Daya Pangan Lokal Dalam Cipta Menu Makanan, Keluarga Dapat Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Sebagai Upaya Mewujudkan Bintan Gemilang.

Lomba diikuti 10 PKK kecamatan se-Bintan dimana masing-masing kecamatan diwakili satu tim terdiri dari dua orang. Di tangan ibu-ibu PKK, ikan diolah jadi kreasi menggoda lidah menjadi hidangan keluarga seperti Ikan Patin Gulung Saos Kedelai, Risoles Ikan Kulit Cumi atau Menu Balita Mangkok Ikan Krim Sup Bayam Udang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com