SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

PLN Batam Bantu Suplai Kelistrikan Babel

  • Reporter:
  • Senin, 19 November 2018 | 13:39
  • Dibaca : 180 kali
PLN Batam Bantu Suplai Kelistrikan Babel
Pemenang lomba karya tulis bright PLN Batam mengunjungi PLTG MPP 2x25 MW Air Anyir, Bangka, Jumat (16/11). f ahmad rohmadi

BATAM KOTA – PLN Batam terus berusaha mengembangkan usahanya di sejumlah daerah menompang biaya produksI kelistrikan tetap baik. Tak hanya berkomitmen untuk melistriki wilayah Batam dan Kepri saja, tapi juga membantu menyuplai kelistrikan di sejumlah daerah lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah membantu kelistrikan di Pulau Bangka, Bangka Belitung.

Sebagaimana diketahui sejak 2015 lalu PT PLN (Persero) memberikan penugasan kepada PLN Batam untuk melaksanakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Mobile Power Plant (PLTG MPP) di delapan lokasi. Di antaranya Paya Pasir Medan, Nias, Balai Pungut Duri Riau, Air Anyir Bangka, Suge Belitung, Tarahan Lampung, Parit Baru Pontianak, dan Jeranjang Lombok.

“Dengan total kapasitas sebesar keseluruhan sekitar 500 MW untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah-daerah tersebut,” kata Manager Area Bangka dan Belitung, Zulhardi Junid, Minggu (18/11).

Ia menjelaskan, didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional dan berintegritas serta dukungan penuh dari seluruh stakeholder, PLN Batam telah berhasil membangun dan menyelesaikan PLTG MPP 500 MW untuk mendukung sistem kelistrikan di delapan lokasi tersebut. Hadirnya PLN Batam di Bangka dan Belitung diklaim juga memberikan kontribusi untuk menyuplai kelistrikan di Provinsi Kepulauan Babel.

“Dulu sebelum kami membangun PLTG di sini. Kelistrikan di Bangka hampir setiap hari mengalami pemadaman, karena kekurangan daya,” katanya.

Untuk di Bangka, PLN Batam memiliki dua PLTG dengan kapasitas masing-masing 25 MW, sehingga totalnya 50 MW. Kemudian, untuk di Belitung pihaknya juga telah membangun satu PLTG dengan kapasitas 25 MW. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk komitmen PLN Batam untuk membantu PLN Persero.

Ia juga mengatakan beban puncak di Bangka, diperkirakan sekitar 150 MW. Sehingga dengan kapasitas PLTG yang dikelola PLN Batam, diperkirakan menyuplai sekitar 35 persen kelistrikan di Bangka. Sehingga pembangkit yang telah dibangun oleh PLN Batam tersebut memiliki peranan penting bagi kelistrikan di Pulau Bangka.

“Jadi kalau dihitung berdasarkan pelanggan itu ada sekitar 22.727.000 rumah yang di suplai dari PLTG Air Anyir,” katanya.

Namun PLN Batam hanya mengelola kelistrikan di hulu, dan menjual daya kepada PLN Persero. Sehingga untuk distribusi kelistrikan di Bangka dan Belitung sepenuhnya dilakukan oleh PLN Persero. Sebab, PLN Batam hanya memiliki wilayah kerja di Batam dan sekitarnya.

“Jadi di 8 MPP itu PLN Batam hanya investasi di pembangkitnya saja. Untuk distribusi tetap PLN Persero. Jadi sistemnya seperti apa yang kami lakukan ke Bintan, jadi PLN Batam menjual listrik ke PLN Persero,” jelasnya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com