SINDOBatam

Terbaru Metro+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PLN Batam Dukung Dunia Pendidikan

  • Reporter:
  • Selasa, 28 Januari 2020 | 16:01
  • Dibaca : 81 kali
PLN Batam Dukung Dunia Pendidikan
PLN memberikan bantuan pendidikan berupa perlengkapan sekolah kepada siswa di Kecamatan Belakangpadang, 11 November 2019 lalu. f dok pln batam

BATAMKOTA – PLN terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam menjaga kehandalan kelistrikan di Pulau Batam dan Pulau Bintan. Dalam menjalankan setiap programnya, PLN Batam juga kontribusi terhadap terhadap dunia pendidikan.

Bantuan pendidikan ini diberikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bright PLN Batam. Di penghujung tahun 2019 lalu, PLN Batam memberikan bantuan perlengkapan sekolah bagi 200 anak di hinterland.

“Total anak yang kami bantu ada 200 siswa di Tanjunguma dan beberapa pulau seperti Pulau Kasu, Belakangpadang,” kata Vice President Public Relations PLN Batam, Samsul Bahri, Selasa 5 November 2011.

Melalui program CSR tersebut pihaknya berharap anak-anak khususnya yang sekolah di Hinterland bisa lebih semangat untuk menuntut ilmu. Sehingga tidak kalah dengan anak-anak yang sekolah di kota.

Program beasiswa merupakan yang pertama kalinya dilakukan ke Batam, dan ke depan akan menjadi program rutin setiap tahunnya.

Hal ini menjadi komitmen bagi bright PLN Batam untuk memajukan dunia pendidikan di Batam.

“Anak-anak di pulau harus bisa bersaing dengan anak kota. Tak mungkin terus menjadi nelayan,” katanya.

Tak hanya bantuan pendidikan, PLN Batam juga turut memberikan pemahaman tentang kelistrikan di dunia pendidikan. Melalui program PLN Goes To Campus, perwakilan PLN Bata, memberikan Kuliah Umum Kelistrikan di Kampus Unrika, Batuaji.

Kebutuhan listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Salah satu energi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari pelaku usaha, pendidikan, pelayanan, kesehatan, hingga hiburan tak bisa lepas dari listrik.

Direktur Komersil Bisnis Development bright PLN Batam, Buyung Abdul Jalal mengatakan, karena itulah pihaknya sebagai perusahaan penyedia kelistrikan di Batam terus berupaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena kehidupan masyarakat saat ini tidak bisa lepas dari listrik.

“Contohnya ponsel yang begitu dekat dengan kita saja dicharge menggunakan listrik,” ujarnya.

Meskipun demikian, tarif listrik di Batam jauh lebih murah dibandingkan satu batang rokok, satu bungkus mie instan, atau parkir kendaraan roda dua. Sebab, satu kwh listrik saat ini hanya berada pada angka Rp950. Dalam satu kwh tersebut dapat digunakan untuk melistriki peralatan elektronik yang memiliki daya hingga 1000 watt.

Satu kwh listrik, lanjutnya, dapat menyalakan empat lampu LED 9 watt selama 27 jam, menonton TV LED 32 inch 100 watt selama 10 jam, menggunakan setrika listrik 250 watt selama empat jam. Menghangatkan nasi dengan rice cooker 100 watt selama 10 jam.

Bisa juga mengisi baterai handphone dengan daya 4 watt dapat digunakan untuk 75 hari. Dengan estimasi waktu charge dua jam per hari. “Jadi satu kwh, bisa kita pakai untuk melistriki 1000 watt,” paparnya.

Bila masyarakat ingin lebih menekan biaya pengeluaran, Buyung meminta mahasiswa yang hadir dalam kesempatan itu untuk berhemat. “Matikan energi yang tidak dipergunakan. Seperti lampu, tv maupun charge handphone jika tak digunakan bisa langsung dimatikan,” bebernya lagi.

Melalui kegiatan itu, Buyung juga menyampaikan sistem ketenaga listrikan anak perusahaan PT PLN Persero ini sudah dinikmati seluruh warga Batam yang berada di wilayah kerja bright PLN Batam. Bahkan, keandalan listrik Batam sudah dirasakan warga yang berada di Tanjungpinang, Bintan, dan Belakangpadang “Rasio elektrifikasi di Kota Batam sudah 100 persen,” bebernya.

Ke depan, PLN Batam diminta induknya di persero untuk membantu melistriki wilayah Karimun. Kepercayaan tersebut diberikan persero karena bright PLN Batam berhasil membantu sistem kelistrikan dan meningkatkan rasio elektrifikasi di berbagai wilayah di Kepri maupun di luar Kepri. ahmad rohmadi/hendra zaimi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com