SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

PLN Beri Bantuan Token Listrik Gratis

  • Reporter:
  • Rabu, 11 April 2018 | 15:53
  • Dibaca : 140 kali
PLN Beri Bantuan Token Listrik Gratis

KARO – PT PLN (Persero) mem berikan bantuan token listrik gratis bagi para pengungsi Gunung Sinabung yang tinggal di hunian sementara (huntara) di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Total anggaran bantuan sosial token listrik gratis ini sebesar Rp279 juta untuk 286 hunian sementara selama satu tahun. Pemberian bantuan dilaku – kan simbolis oleh Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali kepada Bupati Karo Tarkelin Brahmana di Kantor Bupati Karo, Sumut, kemarin. Turut hadir dalam acara ini Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi dan Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto. Menurut Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali, pemberian token listrik gratis bertujuan menggeliatkan kembali perekonomian khususnya bagi pengungsi Gunung Sinabung yang tinggal di hunian se mentara.

Kehadiran bantuan PLN diharapkan mampu menata kembali perekonomian para pengungsi. “Hadirnya bantuan ini di – harapkan mampu memper – kecil kesenjangan antara peng – hasilan dengan standar ke bu – tuh an hidup yang layak pasca – erupsi Gunung Sinabung,” ujar dia. Dia mengatakan, selain mem berikan bantuan token listrik gratis, PLN juga mem – beri kan bantuan berupa bibit tanaman senilai Rp220 juta. Bibit tanaman ini berupa bibit tomat, cabai, serta pupuk orga – nik untuk rehabilitasi lahan. Bibit tanaman itu diserahkan untuk warga hunian semen – tara pengungsi Gunung Sina – bung di Tiganderket sebagai wilayah yang terdampak erupsi Gunung Sinabung. Direktur Pembinaan Peng – usahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi mengapresiasi langkah PLN memberikan bantuan kepada para pengungsi Gunung Sinabung di huntara.

Dia ber – harap dengan bantuan token listrik gratis ini dapat mem – beri kan manfaat bagi warga se – hingga ekonominya bisa meningkat. “Mudah-mudahan dengan bantuan ini, PLN dapat memberikan manfaat bagi warga sehingga ekonomi ma – sya rakat bergerak lebih baik,” kata dia. Bupati Karo Tarkelin Brah – mana berharap token listrik dapat diberikan gratis tidak hanya dalam kurun waktu satu tahun, tapi juga selama warga masih mengungsi. Menurut dia, pengungsian warga di hun – tara tidak hanya satu tahun, tapi diperkirakan pada tahap pertama para pengungsi akan menempati huntara hingga lima tahun ke depan. Tak hanya itu, dia juga ber – harap PLN memperluas bantu – an nya tidak hanya di huntara 1, 2, dan 3, tapi juga diberikan bagi korban warga lainnya yang men jadi korban bencana Gu – nung Sinabung.

“Karena kita tidak tahu kapan Gunung Sina – bung berhenti meletus. Kita berharap PLN terus memberi – kan listrik gratis bagi warga peng ungsi,” kata dia. Di tempat terpisah, salah satu warga pengungsi Gunung Sinabung di hunian sementara, Kenan Ginting (60), berterima kasih kepada PLN karena telah memberikan listrik gratis bagi para pengungsi. Petani jeruk ini mengaku terbantu dengan adanyalistrikgratisini. Pa sal nya, se belum digratiskan, da lam kon – disi sulit, para peng ungsi harus merogoh kocek paling tidak Rp50.000 per bulan.

Nanang wijayanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com