SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Poli Ankologi di Kepri Layani 1.000 Pasien

  • Reporter:
  • Rabu, 22 Maret 2017 | 12:13
  • Dibaca : 401 kali
Poli Ankologi di Kepri Layani 1.000 Pasien
Ketua tim dokter bedah Ankologi Indra Hidayah sedang mengecek kestabilan pasien penderita sel tumor di leher.

BATUAJI – Poli Ankologi (tumor dan kanker) di Kepri berhasil menangani 1.000 pasien penderita penyakit ganas dan mematikan seperti tumor dan kanker sejak 2014 lalu. RSUD Embung Fatimah saat ini dijadikan sebagai rumah sakit rujukan daerah yang melayani penyakit ganas tersebut.

Terakhir poli ankologi yang ditangani oleh Tim Dokter RSUD Embung Fatimah berupa pengangkatan sel tumor di leher pasien Edi Rohmansyah. Operasi itu menggunakan sistem bedah ankologi plastik (operasi plastik) yang mana sel atau syaraf tubuh pada bagian leher yang diangkat, karena sel terserang penyakit akan digantikan dengan sel atau syaraf bagian tubuh lainnya. “Tahun ini ada 42 pasien. Untuk operasi terakhir, kami ambil sel tubuh bagian paha untuk mengisi kembali sel tubuh di leher yang diangkat,” kata Ketua Tim Dokter Bedah Ankologi RSUD Embung Fatimah, Indra Hidayah, Selasa (21/3).

Setiap tahun sekitar 300 pasien yang menjalani perawatan medis di poli tersebut dan jumlah ini diakui Indra cukup banyak. “Di Indonesia secara umum masih banyak yang rentan dengan penyakit ini. Baik tumor maupun kanker masih cukup berisiko,” ujarnya.

Keberhasilan tim dokter melakukan pembedahan pasien tumor itu merupakan sebuah kemajuan yang baik bagi pelayanan medis di RSUD sebagai rumah sakit rujukan regional. Sebab menurut dia, jenis operasi yang dilakukan itu masih cukup langka di Indonesia. “Sudah banyak yang kami tangani, kita bisa lihat masyarakat sudah berkurang berobat ke Malaysia dan Singapura. Malah mereka sekarang sudah beralih ke kami,” kata Indra.

Bedah ankologi plastik sendiri merupakan proses pembedahan yang cukup rumit sebab pelaksanaan operasi menjangkau ke jaringan sel terdalam atau dalam istilah medis disebut kasus keganasan. Untuk beda ankologi ini tidak saja penyakit tumor ganas, kanker ganas juga bisa ditangani. “Pelayanan poli ankologi ini juga mencakupi segala jenis penyakit tumor dan kanker termasuk untuk pelayanan kemoterapi,” jelasnya.

Humas RSUD Batam Ellin Sumarni menuturkan, poli Ankologi merupakan poli yang tidak dimiliki setiap rumah sakit. Dengan adanya poli tersebut, pihanya berharap masyarakat tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke luar negri. “Inilah keunggulan rumah sakit kami. Kami berharap agar masyarakat bisa terlayani dengan fasilitas yang sudah ada RSUD,” kata Ellin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com