SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polisi Lingga Awasi Pendatang Baru

Polisi Lingga Awasi Pendatang Baru
Humas Polres Lingga, simulasi tingkatkan keterampilan personel, oleh Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

LINGGA – Pengamanan mengantisipasi aksi terorisme di Lingga ditambah menyusul rentetan kejadian penyerangan polisi di Medan dan Jakarta baru-baru ini.

Jajaran aparat Polres Lingga belakangan dibekali latihan khusus agar keterampilan melawan penyerangan sebagai salah satu upaya peningkatan pengamanan.

“Tingkat kewaspadaan di Polres Lingga sendiri sudah sangat baik, tapi lebih kita tingkatkan lagi,” ujar Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi.

Hanya saja Kapolres meminta perangkat pemerintahan mulai dari RT sampai camat juga aktif berkomunikasi dengan aparat hukum terutama saat mengendus aksi mencurigakan.

Polres juga bekerja sama dengan masyarakat dan perangkat desa untuk mengantisipasi orang-orang baru yang masuk ke wilayah mereka.

“Pengamanan di pelabuhan-pelabuhan juga kami tingkatkan untuk mengantisipasi ini,” sebutnya.

Petugas yang berjaga juga selalu siap waspada dalam melaksanakan tugas di lapangan. Selain itu dengan adanya beberapa kasus penyerangan di Poso, Serang dan Medan akan menjadikan pengalaman dan pengetahuan di Polres Lingga sendiri untuk lebih waspada lagi.

“Dulunya latihan tembak hanya sekali, sekarang dalam seminggu menjadi tiga kali,” sebutnya.

Anambas Waspada
Di Anambas, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Khairul Syahadat mengatakan agar Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) lebih jeli dalam memperhatikan masyarakatnya. Apalagi usai lebaran tentunya ada warga yang pulang mudik membawa keluarganya agar segera melaporkan identitasnya kepada RT/RW atau Kepala Desa setempat.

“Saya minta semua lebih jeli memperhatikan warganya. Sebagai masyarakat tentunya lebih mengenal warganya dan jika ada pendatang baru agar aktif menanyakan identitasnya,” ujar Khairul.

Khairul menambahkan untuk meningkatkan inteligensi masyarakat yang tergabung dalam FKDM, Bakesbangpolinmas berencana akan membuat pelatihan.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan tata cara dalam memberikan informasi yang ditemukan dilapangan.

“Kami ingin mereka paham tata cara dalam membuat laporan dan jeli terhadap isu-isu yang sedang berkembang,” katanya.

jamariken tambunan/jhon munthe

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com