SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polisi Ringkus Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Institusi Polri

Polisi Ringkus Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Institusi Polri

KARIMUN – Tim Cyber Troops Polres Karimun meringkus pelaku ujaran kebencian di media sosial (Medsos) bernama Nofrizan (38), Jumat (10/1/2020).

Pelaku dengan menggunakan akun fiktif bernama Oppie Kepri diduga melakukan ujaran kebencian terhadap anggota Polri dan dibagikan di grup media sosial Facebook. Ia ditangkap tidak lama setelah postingannya viral di media sosial.

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Herie Pramono mengatakan, pelaku ditangkap karena diduga telah melanggar Undang- undang ITE, disebabkan postingan ujaran kebencian.

“Pelaku ditangkap di depan rumahnya kawasan Kampung Bukit Kecamatan Meral tidak lama setelah postingannya viral di Medsos,” kata Herie, Jumat (10/1/2020).

Herie mengatakan, saat dilakukan penangkapan pelaku mengakui bahwa benar akun media sosial atas nama Oppie Kepri merupakan miliknya dan benar telah memposting ujaran kebencian terhadap instusi Polri.

“Saudara Nofrizan mengakui itu akun miliknya. Sementara untuk motifnya sedang kita dalami apakah ada unsur kesengajaan atau alasan lainnya,” katanya.

Ia menyebutkan, pelaku sering memposting di grup media sosial tersebut, namun yang masuk dalam penyelidikan kepolisian adalah postingannya yang viral terkait ujaran kebencian.

“Kita sedang melakukan olah TKP, karena postingan itu dibuatnya saat bermain di salah satu warnet kawasan Kampung Bukit, Meral, bukan di HP,” katanya.

Atas perbuatan pelaku, polisi menjeratnya dengan Pasal 207 KUHP di lapis 45 ayat 2 UU ITE dengan ancaman hukuman penjara 1 tahun 6 bulan.

Sementara itu Nofrizan ditemui usai Press Rilis mengaku tidak tahu bahwa apa yang dipostingnya tersebut akan membawanya ke ranah hukum.

“Niat saya hanya bercanda saja, tidak ada maksud apa-apa. Saya tidak tahu bahwa ini salah dan dapat berakhir seperti ini,” kata Nofrizan.

Ia mengaku menyesal dan kedepan tidak akan mengulangi hal tersebut.

“Iya sekarang saya menyesal dan kedepan tidak akan mengulangi,” katanya. (ricky robiansyah)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com