SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polisi Siap Bantu Siswa Tak Dijemput Orangtua

  • Reporter:
  • Jumat, 24 Maret 2017 | 10:36
  • Dibaca : 505 kali
Polisi Siap Bantu Siswa Tak Dijemput Orangtua
Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Efendi Alie melakukan sosialisasi pencegahan tindakan penculikan anak di SDN 015 Tanjungpinang, Kamis (23/3). Foto Amry Sinaga.

PINANG KOTA – Polsek Tanjungpinang Timur dan Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang melakukan sosialisasi pencegahan tindakan penculikan anak di SDN 015 Tanjungpinang, Kamis (23/3). Kegiatan berlangsung di halaman sekolah dan dihadiri Komunitas Perlindungan Anak Kota Tanjungpinang.

Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Efendi Alie mengatakan, sosialisasi k memberikan kiat-kiat menghindari penculikan anak di Tanjungpinang, supaya para orangtua merasa anaknya aman selama berada di sekolah. Pihaknya siap membantu siswa, apabila orangtua mereka tidak bisa menjemput ke sekolah.

Syaratnya, siswa datang ke Mapolsek Tanjungpinang Timur yang berada tidak jauh dari SD N015 Tanjungpinang. “Kalau adik-adik belum sempat dijemput orangtua, boleh minta antar sama bapak-bapak polisi. Nanti akan diantarkan dengan mobil yang ada lampu biru di atasnya,” kata Efendi saat sosialisasi, kemarin.

Dia mengatakan, untuk menghindari penculikan siswa harus menunggu ayah, ibu atau pihak keluarga terdekat datang menjemput. Jika lebih dari satu jam setelah waktu pulang sekolah belum dijemput, memberitahukan kepada guru. Sehingga, guru dapat membantu menghubungi orang tua siswa. “Siswa harus bisa mengingat nomor handphone orangtua atau dicatat di kertas dan meletakkan di saku baju sekolah,” kata Efendi.

Menurut dia, pihak guru akan mudah menghubungi orangtua siswa melalui nomor handphone yang dicatat. Siswa diingatkan, jangan menjalin komunikasi dengan orang tidak dikenal, karena modus pelaku penculikan pura-pura menanyakan alamat dan lainnya. “Demi keselamatan, sebaiknya jangan berkomonikasi dengan orang tak dikenal,” ujar Efendi.

Dia mengatakan, jika ditemukan hal yang dianggap mencurigakan segera hubungi nomor 081277001135 untuk pengaduan. Pihaknya juga akan memasang spanduk di sejumlah kawasan sekolah di Tanjungpinang Timur dan menyebarkan brosur tentang kiat-kiat menghadapi penculikan dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kepala SDN 015 Tanjungpinang Timur Ramli berterima kasih kepada Polsek Tanjungpinang Timur dan Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang yang telah melakukan sosialisasi menghindari penculikan anak. “Kalau kasus penculikan siswa di sekolah ini belum ada, tapi kami (guru-guru) senang dengan sosialisasi ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan bantuan untuk SDN 015 Tanjungpinang berupa alat kompang untuk membantu siswa mengenali kesenian kompang.

Pelajar SD Ditemukan
Muhammad Fiki (10) dan Ramli Eko Saputra (9), siswa kelas IV SD Satu Atap 013, Dompak Lama, yang tidak pulang setelah jam sekolah sejak Rabu (21/3) siang akhirnya ditemukan, Kamis (23/3) siang. Kedua orantgtua mereka Andre Kusman (44) dan Seli (36), khawatir anak mereka jadi korban penculikan.

“Awalnya kita sudah sudah cari ke mana-mana, tapi tak ditemukan. Ada warga melihat mereka di Batu 9,” ujar Andre di rumahnya Kampung Sunga Sidip RT02/RW03, Kelurahan Dompak, kemarin.

Dia mengatakan, pencarian sempat dilakukan hingga Batu 10. Juga ke pusat perbelanjaan dan warnet. “Waktu dijemput ke sekolah sudah tidak ada,” ujar Andre.

Menurut dia, Fiki dan Ramli tidak mau pulang ke rumah karena mencuri uang perpustakaan sekolah sebanyak Rp450 ribu. Kemudian, keduanya main di warnet.

Seli, ayah Ramli khawatir anaknya diculik, karena banyak berita tentang aksi penculikan anak. Fiki akhirnya ditemukan warga Batu 9 pukul 15.00. Selama tidak pulang, Fiki tidur di rumah temannya. “Alhamdulillah, keduanya sudah ditemukan,” katanya.

Anggota Komisi I DPRD Tanjungunpinang Rahma mengimbau masyarakat meningkatkan pengawasan terhadap anak. “Sekarang lagi ramai kasus penculikan anak, untuk itu masyarakat perlu tingkatkan pengawasan anak,” katanya.

m bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com