SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Politeknik Negeri Padang Kerja Sama dengan PLN, Lulus Kuliah Langsung Jadi Karyawan

  • Reporter:
  • Rabu, 20 Maret 2019 | 00:22
  • Dibaca : 512 kali
Politeknik Negeri Padang Kerja Sama dengan PLN, Lulus Kuliah Langsung Jadi Karyawan
Direktur PNP Surfa Yondri.

SINDOBATAM – Politeknik Negeri Padang (PNP) sudah menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) sejak 2011 silam, khusus  Program Studi D3 Teknik Listrik. Dengan dibukanya kelas kerja sama ini, usai lulus kuliah, mahasiswa langsung mengikuti prajabatan karyawan di perusahaan pelat merah tersebut.

“Nantinya mahasiswa yang lulus dapat langsung diangkat sebagai karyawan PLN,” kata Direktur PNP Surfa Yondri, Selasa (19/3/2019).

Untuk itu, ia mengajak semua calon mahasiswa untuk mendeftar. Adapun jadwal pendaftaran calon mahasiswa baru kelas kerja sama dengan PLN ini telah dibuka sejak 12 Maret, dan berakhir 17 April 2019 mendatang. Untuk persyaratan umum calon mahasiswa, yaitu warga negara Indonesia (WNI), umur maksimal 19 tahun pada Agustus 2019, dan lulusan SMK Kelistrikan atau SMK jurusan yang relevan, serta SMA/MA jurusan IPA. “Jumlah diterima mengacu hasil seleksi dilakukan PLN, karena PNP hanya menjalani seleksi potensi akademik,” kata Boyon, sapaan Surfa Yondri ini.

Siswa SMA sederajat yang memenuhi kriteria calon mahasiswa baru kelas kerja sama PLN tersebut katanya dapat langsung mendaftar ke Kampus PNP di Limau Manis, Pauh, Kota Padang, atau melalui website informasi penerimaan mahasiswa baru di pmb.pnp.ac.id. Boyon menyebut, sejak kerja sama dilakukan 2011 lalu, pihaknya telah menerima 199 mahasiswa.

Sebagian dari jumlah tersebut, khususnya tahun ajaran 2016 hingga 2018, masih tercatat sebagai mahasiswa PNP, dan sebagian telah bekerja sebagai karyawan PLN. “Selama mahasiswa menjalani studi, mereka akan dipantau pihak PLN, dan harus lulus dengan IPK minimal 2,75. Alhamdulillah, sejauh ini belum ada lulusan dengan IPK di bawah 2,75. Umumnya mereka dapatn meraih IPK di atas 3,00,” papa Boyon.

Mahasiswa kelas kerja sama ini jelasnya, selain langsung menjadi karyawan PLN, peraih IP tiga besar di kelasnya akan diberikan beasiswa sebesar Rp6 juta. Juga, praktek kerja lapangan (PKL) atau magang, langsung ditempatkan di Rayon PT PLN (Persero) seluruh Sumatera Barat, dengan mengantongi uang saku Rp800 ribu per bulan. “Selain beasiswa dari PLN, mahasiswa kelas kerja sama ini juga berkesempatan mendapatkan beasiswa lainnya, sama dengan mahasiswa PNP lainnya,” jelas Boyon lagi.

Seleksi penerimaaan mahasiswa baru kelas kerja sama dengan PLN ini, disambut antusias para calon mahasiswa dibuktikan dengan banyaknya jumlah peminat yang mendaftar menjadi mahasiswa. “Antusias peserta dan ketatnya persaingan, dari 1.588 pendaftar tahun ajaran lalu 2018/2019, yang lulus hanya 28 orang untuk satu kelas. Dan di tahun ajaran 2019/2020 ini, kami berharap dua kelas dapat diterima,” katanya.

Selain kelas kerja sama PLN ini, PNP juga membuka kelas kerja sama untuk jurusan Alat Berat yang pendaftarannya dimulai 9 April hingga 9 Mei 2019. Adapun untuk UMPN, pendaftaran dimulai 20 Mei hingga 20 Juni 2019, Jalur Mandiri 3 Juni sampai 3 Juli 2019, dan pendaftaran mahasiswa baru program MSU International Progression Program pada 18 April sampai 25 Mei 2019. “Sebelumnya, PNP juga telah membuka pendaftaran untuk program Bidik Misi yang telah dimulai sejak 11 Februari dan akan berakhir pada 25 Maret mendatang, serta pendaftaran mahasiswa baru untuk program PMDK-PN dari 4 Februari sampai 6 April 2019,” jelas Boyon. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com