SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polres Lingga Mulai Penyidikan Dugaan Korupsi di RSUD Dabo

  • Reporter:
  • Kamis, 21 November 2019 | 09:32
  • Dibaca : 191 kali
Polres Lingga Mulai Penyidikan Dugaan Korupsi di RSUD Dabo
AKP Rangga Primazada, Kasat Reskrim Polres Lingga

LINGGA – Satreskrim Polres Lingga tingkatkan kasus dugaan korupsi pengelolaan anggaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Dabo tahun 2018 dari penyelidikan ke tahap penyidikan.

Peningkatan status kasus tersebut dilakukan setelah Satreskrim Polres Lingga melakukan gelar perkara beberapa waktu lalu.

Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Rangga Primazada mengatakan, dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan anggaran BLUD RSUD DABO diketahui bermula dari polemik yang mencuat di internal RSUD Dabo pada bulan Februari 2019 lalu.

“Polemiknya itu karena tidak dibayarnya dana Jasa Pelayanan (Jaspel) tahun 2018. Kemudian menjadi perhatian publik karena ada isu penghentian pelayanan oleh tenaga kesehatan dan pendukung di RSUD Dabo,” terang AKP Rangga Primazada saat dikonfirmasi, Selasa (19/11).

Polres Lingga saat itu langsung mengambil tindakan untuk segera melakukan penyelidikan, terhitung sejak 4 Februari 2019. Setelah melakukan serangkaian penyelidikan kemudian kini ditingkatkan menjadi penyidikan.

Selama proses penyelidikan, Kasat Reskrim Polres Lingga itu menyebutkan setidaknya 35 orang yang dimintai keterangan oleh penyidik. Serta melakukan penelitian dokumen dan berkonsultasi dengan ahli dari Direktorat BLUD, BUMD dan Barang Milik Daerah di Kementerian Dalam Negeri.

“Ditemukan adanya penggunaan anggaran yang tidak wajar, tidak dilaksanakan sesuai ketentuan pola pengelolaan keuangan pada BLUD,” ujarnya.

Dari temuan tersebut, Penyidik menilai ada potensi serta dampak pada kerugian keuangan negara.

Untuk mengungkap dugaan tindak pidana korupsi tersebut, Polres Lingga juga menggandeng Aparat Pengawas Internal Pemerintan (APIP) untuk melakukan audit keuangan secara investigasi bersama-sama.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com