SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polres Natuna Amankan Petasan dan Kembang Api

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Mei 2019 | 10:11
  • Dibaca : 132 kali
Polres Natuna Amankan Petasan dan Kembang Api
Petugas kepolisian dari Polres Natuna berdialog dengan salah seorang pedagang kembang api di Ranai. /sholeh ariyanto

NATUNA – Polres Natuna mengamankan puluhan kotak petasan dari penjual kembang api di seputaran Kota Ranai, Senin (13/5) malam. Razia gabungan TNI Polri tersebut dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat muslim yang melaksanakan ibadah sholat Tarawih.

Petasan yang berhasil diamankan berupa 7 ikat Mercon Korek Api, 5 kotak Happy Folower, 2 Kotak Petasan Tikus, 1 Kotak Ground Mouse dan 1 Kotak 10 Double Trino. Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto melalui Kabag Ops Polres Natuna, Kompol Elfizar mengatakan razia gabungan itu dilakukan untuk pendataan dan pengecekan kepada pedagang kembang api dan petasan di Kota Ranai.

“Tentunya dengan kegiatan ini, dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat islam saat beribadah sholat Tarawih, malam Takbir dan sholat Idul Fitri,” katanya. Kompol Elfizar menjelaskan, para pedagang petasan dan kembang api mendapat pasokan dari distributor di Pontianak, Kalimantan Barat. Barang tersebut dikirim melalui jalur laut.

“Ada juga yang dipasok dari Jakarta. Sejauh tidak membahayakan, kita tidak melarang pedagang berjualan kembang api dan petasan. Namun dengan razia ini, kami juga memberikan penjelasan jenis petasan dan kembang api yang dilarang untuk diperdagangkan,” jelas Elfizar. Lebih lanjut, Kompol Elfizar menyebutkan, secara umum Bunga Api yang diperbolehkan dan tidak memerlukan izin adalah semua yang berukuran kurang dari 2 (dua) inci atau kandungan mesiu kurang dari 20 gram. “Sedangkan ukuran dua sampai delapan inci harus ada izin pembelian dan penggunaan dari Kapolri C.q. Kabaintelkam Polri, yang biasanya digunakan untuk kepentingan Show dan acara akbar lainnya,” pungkasnya. sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com