SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polres Tanjungpinang Buru Dua DPO Kasus Pencurian Uang Milik Pengurus Partai Demokrat

  • Reporter:
  • Kamis, 8 November 2018 | 12:12
  • Dibaca : 61 kali
Polres Tanjungpinang Buru Dua DPO Kasus Pencurian Uang Milik Pengurus Partai Demokrat
Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat mengekspose tiga tersangka pencuri uang pengurus Partai Demokrat Kepri di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (7/11). F Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan hingga saat ini masih memburu dua buronan pelaku pencurian uang Rp130 juta milik Remon, pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kepri. Dari lima pelaku yang beraksi, tiga pelaku di antaranya sudah diringkus polisi yakni Ria Kusnandar alias Maman, Bintang Edward Simamora dan Rino.

“Dua DPO lagi masih kita buru dan cari tahu keberadaannya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa meringkusnya,” kata Ucok saat mengekspose tiga pelaku di Mapolres Tanjungpinang, Rabu (7/11).

Ucok menyampaikan, dari Rp130 juta uang yang dicuri, polisi berhasil menyita Rp5 juta dari tangan tiga pelaku. Sisanya telah dihabiskan para pelaku dan ada yang masih di tangan dua DPO berinisial LR dan FR.

“Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman di atas lima tahun penjara,” ujarnya.

Ucok mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat mengambil atau meyetor uang ke bank. Apabila masyarakat membutuhkan pengamanan segera laporkan kepada pihak bank bersangkutan agar diteruskan ke Polres Tanjungpinang dan jajarannya.

“Kita sudah jalin kerja sama dengan pihak bank. Kita berikan layanan pengawalan dan pengamanan gratis,” kata Ucok.

Diketahui, pengungkapan tiga pelaku dilakukan Polsek Bukit Bestari dan Polres Tanjungpinang. Polisi meringkus Roni saat tidur di kontrakannya di Desa Gemukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Roni kabur ke Jember sehari setelah beraksi di depan kantor DPD Partai Demokrat Kepri di Jalan Aisyah Sulaiman, Ruko Green View No 8 A, Kilometer (Batu) 8 Atas, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Kamis (18/10) sekira pukul 16.00.

Dua pelaku lainnya ditangkap di dua lokasi berbeda. Kusnandar ditangkap di Batam dan Bintang ditangkap di rumahnya Gesek, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Penangkapan pelaku dipimpin langsung oleh Kapolsek Bukit Bestari Kompol Arbaridi Jumhur bersama Panit Dua Polsek Bukit Bestari Ipda Agussapriadi Lubis dan Kanit Buser Polres Tanjungpinang Ipda Gayuh di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pelaku langsung diterbangkan dari Jember menuju Tanjungpinang.

Jumhur menambahkan, penangkapan pelaku berdasarkan hasil pengembangan dua pelaku lainnya yang lebih dulu ditangkap, yakni Ria Kusnandar alias Mamang dan Bintang Edward Simamora.

“Jadi, dia ini (Roni) sudah enam hari kabur ke Jember,” kata Jumhur setibanya di Mapolsek Bukit Bestari.

Dalam aksi mereka Roni berperan sebagai pengawas lapangan mulai dari bank sampai di lakasi kejadian. Roni juga seorang residivis kasus sama, baru keluar empat bulan lalu dari tahanan di Solo, Jawa Tengah.

“Dia inilah yang menggambar semua lokasinya, mulai dari awal sampai selesai,” ujarnya.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com