SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Polsek Tambelan Tangkap 4 Nelayan Pengguna Bom Ikan, Kapolres Bintan Beri Apresiasi

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Juli 2019 | 19:00
  • Dibaca : 114 kali
Polsek Tambelan Tangkap 4 Nelayan Pengguna Bom Ikan, Kapolres Bintan Beri Apresiasi

BINTAN – Polsek Tambelan mengamankan empat nelayan pengguna bom ikan di Pulau Penyemuk Desa Pulau Mentebung Kecamatan Tambelan, Bintan. Keberadaan nelayan nakal ini sempat meresahkan nelayan tadisional setempat.

Adapun para nelayan yang diamankan yakni Hasbullah (40), Amiruddin (48), Ilham (39) dan Rusdianto (37). Semuanya merupakan warga Pemangkat, Kalimantan Barat.

Kapolsek Tambelan, Ipda Alson menyampaikan ini merupakan salah satu keberhasilan dari pihaknya yang selama ini berupaya mengungkap nelayan pengguna bom ikan yang sudah sangat meresahkan warga nelayan di Tambelan.

“Beberapa kali kita terima ada laporan pegeboman ikan di laut dari nelayan, namun saat ke lokasi para pelaku sudah kabur dan anggota yang mengejar kesulitan melakukan penejaran karena kondisi kapal yang kurang memadai, dibanding dengan kapal para pelaku yang sudah lebih besar dan cepat. Namun kali ini berhasil kita ungkap,” ujar Alson, Rabu (31/7).

Alson melanjutkan pengungkapan ini bermula saat pihaknya mengamankan satu buah kapal pompong milik para pelaku, yang saat itu para pelaku sempat melarikan diri ke darat dan meninggalkan kapal pompong milik mereka.

“Di darat kami lanjutkan pengejaran dengan dibantu dua personel TNI AD dan dua Satpol PP hingga berhasil mengamankan empat pelaku. Selanjutnya empat orang yang diduga pelaku itu dibawa ke Pulau Tambelan dengan menggunakan Kapal KM Astakona,” ujarnya.

Selain mengamankan para pelaku, Ia mengungkapkan pihaknya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga memiliki kaitan erat dengan aksi para pelaku, di antaranya kapal pompong, tanda selar, kompresor, Amonium Nitrate 3 karung, bom rakitan,  Selain itu barang-bukti lainnya berupa dua detonator rakitan telah dipasang sumbu.

“Mereka (empat nelayan) diperiksa di Polsek Tambrlan dibantu oleh Anggota Reskrim Polres Bintan, karena saat penangkapan ini kita langsung berkoordinasi dengan Mapolres Bintan,” ujarnya.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang yang dikonfirmasi mengenai pengungkapan ini menyampaikan dirinya sangat mengapresiasi kinerja dari jajarannya yang bekerja di wilayah perbatasan dan yang ditempatkan di pulau-pulau terluar dan terdepan. Meski lokasi jauh, kehadiran Anggota Polri di sana sangat dibutuhkan warga yang mayoritas nelayan.

“Pelaku illegal fishing dengan menggunakan bom ikan ini dilarang karena merusak ekosistem laut, dan praktik bom ini sangat merugikan nelayan lainnya, karena hasil tangkapan nelayan tradisional yang hanya menggunakan alat pancing tentu berkurang akibat kerusakan yang ditimbulkan bom Untuk penanganan perkaranya nanti akan ditarik ke Polres Bintan, guna memudahkan koordinasi dengan Kejari Bintan, melihat kondisi jarak dan rentang kendali yang jauh. Dan ini prestasi Polsek Tambelan, mohon dukungan semua pihak,” ujarnya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com