SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Potensi Agribisnis Mulai Dilirik

  • Reporter:
  • Minggu, 7 Januari 2018 | 11:20
  • Dibaca : 420 kali
Potensi Agribisnis Mulai Dilirik
Ilustras. foto M Rofik.

SEKUPANG – Potensi agribisnis mulai dilirik di Batam. Salah satunya PT Kebun Hijau Agrindo yang diresmikan Sabtu (6/1/2018) di Kavling Plus, Sei Temiang, Sekupang. Kehadiran perusahaan tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan sayur mayur sehat yang ada di Batam.

Dalam sambutannya, CEO PT Kebun Hijau Agrindo Rinaldi Mulyono mengatakan, perusahaannya hadir untuk mengangkat agribisnis ke level yang lebih tinggi. Batam dengan tanah tanpa unsur hara menjadi tantangan tersendiri. Untuk itu PT Kebun Hijau Agrindo dengan teknologi modernnya berusaha memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

“Dengan menggunakan internet of things, kami akan mengukur dan mendeteksi dini kekurangan komponen-kompenen utama dalam pertanian ini. Lalu secara efisien, bisa mengelola penggunaan energinya,” ujar Rinaldi.

Dia mengatakan Internet of Things (IoT) merupakan konsep suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa perlu interaksi antar manusia atau dengan komputer. PT Kebun Hijau Agrindo mampu mengoptimalkan produk pertanian dengan analisa yang tepat terhadap situasi tertentu seperti prakiraan cuaca. Mengamati jumlah hama pun dapat dilakukan melalui sensor network. Nantinya jumlah hama pengganggu akan disampaikan pada sistem otomatis pengontrol hama untuk diambil tindakan.

“Dengan begitu, kami dapat menggantikan penggunaan pestisida dan tetap menghasilkan kualitas sayur yang baik bagi kesehatan,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com