SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Prioritaskan Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur

  • Reporter:
  • Selasa, 13 Maret 2018 | 14:51
  • Dibaca : 93 kali
Prioritaskan Pendidikan, Kesehatan dan Infrastruktur
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, perlu sinergi seluruh stakeholder dalam membangun Kota Batam. Ia juga menekankan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tetap memegang kebijakannya terkait anggaran dalam menjalankan pembangunan, yakni memprioritaskan pada pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

“Kita sebagai pemerintah harus punya niat satu, harus ikhlas demi kepentingan rakyat. Kebijakan saya harus didukung kita semua. Dua tahun 7 persen tidak akan tercapai kalau kota ini tidak dibenahi. Kalau kegiatan tidak ada manfaatnya untuk masyarakat, tak usah lagi, seperti seremoni,” ujarnya dalam Forum Perangkat Daerah (FPD) Kota Batam Tahun 2018 di Kantor Wali Kota Batam, Senin (12/3/2018).

FPD ini akan membahas rencana kerja (Renja) anggaran tahun 2019 untuk mengakomodir pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan dan Musrenbang Tingkat Kecamatan.

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian, Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Batam, Wan Darussalam menjelaskan melalui Musrenbang Tingkat Kelurahan usulan PIK yang diterima 1.432 dengan estimasi anggaran Rp179,8 miliar dan usulan Non PIK 1.846 dengan estimasi anggaran Rp2,521 triliun.

Melalui Musrenbang Tingkat Kecamatan usulan mengerucut PIK 1.408 dengan estimasi anggaran Rp176 miliar dan untuk Non PIK 641 usulan dengan estimasi anggaran Rp1,360 triliun. Total keseluruhan 2.049 usulan dengan estimasi anggaran Rp1,536 triliun. Usulan melalui Pokok Pikiran DPRD Kota Batam 907 usulan dengan estimasi anggaran Rp616,7 miliar dengan total pagu indikatif sekitar Rp3 triliun.

“Dari rekapitulasi yang dilakukan usulan kegiatan 2019 sebanyak 15.823 usulan. Besar anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan seluruh usulan itu mencapai Rp 5,797 triliun,” sebut Wan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com