SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Program PTSP Kemenag Batam, Layani Pendaftaran Nikah hingga Naik Haji

  • Reporter:
  • Jumat, 11 Januari 2019 | 15:13
  • Dibaca : 159 kali
Program PTSP Kemenag Batam, Layani Pendaftaran Nikah hingga Naik Haji
Ilustrasi /SINDO BATAM

SEKUPANG – Program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam merupakan pelayanan unggulan untuk memudahkan masyarakat mengurus semua hal dan berkas. PTSP Kemenag Batam ini pertama di Kepri yang dibangun untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Kepala Kemenag Kota Batam Erizal Abdullah menjelaskan, PTSP akan terus dilakukan beberapa inovasi sehingga memudahkan masyakarat dalam mengurus berbagai keperluan, mulai dari surat keterangan penyesuaian data buku nikah, pendirian dan pengesahan travel umrah, pendaftaran haji, rekomendasi paspor umrah dan haji khusus, surat keterangan pindah rayon madrasah dan rekomendasi pembukaaan rekening lembaga maupun yayasan dan masih banyak lagi.

“Pelayanan ini untuk memudahkan masyarakat mengurus berbagai hal dalam satu tempat dan terhubung dengan jaringan,” ujarnya, Kamis (10/1).

Kemenag juga tengah melakukan inovasi, supaya bisa melayani pendaftaran madrasah di seluruh Kepri dalam sistem jaringan, demi memudahkan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di madrasah yang mereka inginkan.

“Kami akan terus meningkatkan kemampuan PTSP agar semakin banyak urusan yang dapat dilayani, sehingga mempermudah masyarakat dalam mengurus perizininan maupun yang lainnya,” ujarnya.

Selain di PTSP, Kemenag Batam juga memberikan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam bersama Pemko Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam serta instansi lainnya.

Kemenag juga meluncurkan pendaftaran nikah dalam sistem online, untuk mempermudah calon pasangan penganti dalam mendaftarkan pernikahan dengan mengunggah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan surat keterangan dari kelurahan dan lain sebagainya, biarpun salah satu pasangan lagi di luar daerah masih bisa melakukan pendaftaran online.

Erizal berharap segala bentuk pengurusan di PTSP ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Jadi tidak harus menunggu pejabat-pejabat tertentu, tidak seperti itu lagi, karena masyarakat sudah dilayani dengan sangat baik di PTSP ini,” ujarnya. cr1

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com