SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Puskesmas Buka 24 Jam

Puskesmas Buka 24 Jam
ilustrasi

PINANG – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, Dalduk dan KB) Tanjungpinang memastikan layanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas tetap beroperasi selama libur Lebaran dan cuti bersama.

Kepala Dinkes, Dalduk dan KB Tanjungpinang Rustam mengatakan saat libur lebaran dan cuti bersama berlangsung rumah sakit hanya melayani Instalasi Gawat Darurat (IGD) selama 24 jam. Adapun tiga rumah sakit yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjungpinang, RSUD Raja Ahmad Thabib Tanjungpinang, dan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL). Pelayanan yang ada hanya layanan empat dasar yakni bedah, kebidanan, penyakit dalam, dan anak.

“Pelayanan emapat dasar tetap diberikan selama libur kecuali bedah syaraf, orthepedi, jantung dan mata,” kata Rustam, kemarin.

Rustam menjelaskan di RSUD Tanjungpinang untuk pelayanan poli libur selama cuti bersama hanya layanan IGD. Untuk pasien yang harus dirujuk ke luar daerah, diusahakan dapat ditangani di RSUD Kota Tanjungpinanga karena banyak dokter di luar daerah tidak ada. RSAL pelayanan IGD selama 24 jam, rawat jalan tutup selama lebaran. RSUD Provinsi Kepri Raja Ahmad Thabib buka layanan IGD selama 24 jam ada ruang perawatan, farmasi, labor, radiologi, kasir, dapat dilayani petugas rumah sakit terkait.

“Untuk pelayanan mata, neurologi, dan THT dilakukan secara panggilan. Kalau dokter yang standby hanya dokter layanan empat dasar,” ujar dia.

Selain itu, kata Rustam, Dinkes telah berkordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan lurah yang menyepakati untuk piket jaga selama libur lebaran dan cuti bersama agar pelayanan masyarakat miskin atau kurang mampu yang belum mempunyai karti BPJS Kesehatan dapat terlayani di mana pengurusan selama 3 x 24 jam dengan syarat ada rekom dari Dinsos. Untuk diinformasikan kepada masyarakat apabila ada kecelakaan lalu lintas mengurus laporan polisi dulu baik kecelakaan tunggal maupun kecelakaan ganda.

“Setiap hari puskesmas di seluruh Tanjungpinang buk selama 24 jam. Layanan BPJS tetap terlaksana dengan baik selama lebaran dan cuti bersama,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com