SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pustu Desa Benan Naik Tingkat Jadi Puskesmas

  • Reporter:
  • Kamis, 12 Desember 2019 | 13:39
  • Dibaca : 131 kali
Pustu Desa Benan Naik Tingkat Jadi Puskesmas

LINGGA – Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Benan, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, ditingkatkan statusnya menjadi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Benan. Peningkatan status ini sesuai Surat Keputusan Bupati Lingga No 319/KPTS/VII/2019.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, Asri Wijaya mengatakan, peningkatan status ini dilakukan sebagai wujud untuk memajukan pelayanan kesehatan di Kecamatan Katang Bidare.

“Jadi nantinya itu masyarakat sekitar akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik secara bertahap. Wilayah kerja Puskesmas Benan ini adalah desa-desa yang menjadi wilayah kerja Kecamatan Katang Bidare, yaitu Desa Benan, Pulau Bukit, Mensanak, Pulau Medang dan Pulau Duyung,” ujarnya.

Dia menambahkan, sebelum peningkatan status ini dilakukan, Pustu Benan sudah melayani kesehatan masyarakat Benan dengan baik. Namun, pihaknya menginginkan pelayanan kesehatan, sarana prasarana, SDM dan alat kesehatan kedepannya dapat lebih baik lagi secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Peningkatan derajat kesehatan masyarakat itu sangat penting dilakukan, sebab kesehatan merupakan investasi bagi pembangunan SDM yang produktif secara sosial dan ekonomi,” ujarnya.

Selain itu, peningkatan status pustu menjadi puskesmas induk ini dilakukan untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat di Kecamatan Katang Bidare. Selain memang target Dinkes untuk 1 kecamatan minimal ada 1 puskesmas.

“Jadi PR selanjutnya masih ada di Kecamatan Bakung Serumpun yang masih belum memiliki puskesmas,” katanya.

jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com