SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pustu Pulau Kubung Mangkrak

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Februari 2018 | 14:22
  • Dibaca : 243 kali
Pustu Pulau Kubung Mangkrak
Ilustrasi.

NONGSA – Puskesmas Pembantu (Pustu) Pulau Kubung, Kelurahan Ngenang, Nongsa yang sejatinya sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat tak berfungsi alias mangkrak. Meski telah berdiri megah sejak tiga tahun lalu, pustu ini tak kunjung beroperasi.

Mirisnya, gedung yang dibangun menggunakan uang negara ini malah dijadikan sebagai tempat jemuran masyarakat sekitar. Selain itu, warga mengaku kesulitannya hanya untuk sekadar ingin periksa atau membeli obat. Warga di pulau terpencil yang jauh dari perkotaan harus menyeberang ke Telagapunggur ketika ingin periksa atau berobat.

Salah seorang warga, Tuti mengatakan, pemerintah seharusnya bisa memperhatikan warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Keberadaan pulau yang jaraknya lumayan jauh dari perkotaan, setidaknya disediakan bidan untuk kepentingan kesehatan masyarakat. “Setiap berobat kami harus nyeberang ke punggur, meskipun cuaca angin kencang dan gelombang tinggi,” ujarnya.

Warga lainnya, Nok mengatakan, gedung sudah terbangun megah sejak 3 tahun yang lalu, namun sampai saat ini belum juga dibuka karena tidak ada bidan. Padahal warga sangat mendambakan pustu dapat segera beroperasi “Waktu itu saya demam tinggi, kondisi gerimispun saya harus menyeberang untuk berobat,” keluhnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com