SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Raja Tenis Tertua

  • Reporter:
  • Senin, 19 Februari 2018 | 16:39
  • Dibaca : 103 kali
Raja Tenis Tertua

ROTTERDAM – Roger Federer kembali menjadi raja tenis dunia. Uniknya, Federer dinobatkan menjadi petenis nomor satu tertua dunia.

Prestasi tersebut dicapai Federer setelah melangkah ke semifinal di Rotterdam Terbuka, dini hari kemarin.Kemenangan Federer petenis tuan rumah Robin Haase 4-6, 6-1, 6-1 memberikan arti besar untuk kariernya. Dia akan menggantikan rival terkuatnya, Rafael Nadal, yang sudah berada di peringkat 1 dunia sejak tahun lalu.

Petenis asal Swiss itu juga melampaui pencapaian Andre Agassi yang menduduki peringkat 1 dunia ketika menginjak usia 33 tahun 131 hari pada 2003. Ini pun menjadi prestasi terbaiknya di tahun ini. “Mencapai peringkat 1 dunia adalah pencapaian tinggi di dunia tenis.

Ketika sudah lebih tua, Anda akan bekerja dua kali lipat. Ini mimpi yang menjadi nyata,” kata Federer, dilansir ESPN . “Ini telah menjadi perjalanan yang luar biasa dan mencapainya di sini, turnamen tempat saya mendapatkan wildcard pertama saya pada 1998 berarti banyak bagi saya,” ujarnya.

Peraih 20 gelar grand slam ini tentu mengaku bangga dengan keberhasilan ini. Pasalnya, itu merupakan pertama kalinya kembali mencicipi peringkat 1 dunia sejak Oktober 2012, meski pertama kali menempati posisi prestisius tersebut pada Februari 2004.

Beberapa hari sebelumnya, Federer menyatakan berhasrat kembali menduduki peringkat 1 dunia, tapi ragu hal itu bisa terjadi setelah menjalani operasi lutut pada musim lalu. Namun, berkat kerja kerasnya, dia berhasil mewujudkan ambisinya itu.

Bahkan, petenis yang meraih tiga dari lima grand slam terakhir tersebut menilai peringkat 1 yang sekarang sangat spesial. “Mendapatkan nomor satu dunia dan menikmatinya pada usia 36 atau hampir 37 tahun adalah impian mutlak yang menjadi kenyataan. Yang ini terasa sangat istimewa karena saya sedikit lebih tua.

Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan sehingga terasa haru jika berhasil dan memang seperti itu. Ini sangat memuaskan,” papar Federer. Senin (19/2), Federer akan memperpanjang rekornya menjadi 302 pekan di peringkat 1 dunia sejak peringkat ATP diberlakukan pada 1973.

Sementara Pete Sampras berada di posisi kedua dengan 286 pekan di puncak klasemen. Salah satu petenis yang bisa mendekati Federer adalah Novak Djokovic yang berada di peringkat 1 dunia selama 223 pekan. “Mencapai nomor satu adalah salah satu pencapaian tertinggi di olahraga ini.

Terkadang awalnya saat sampai di sana karena Anda bermain dengan baik. Kemudian, Anda kadang-kadang mencoba melawannya kembali dan merebutnya kembali dari orang lain yang pantas berada di sana dan ketika lebih tua, Anda merasa perlu melakukan dua pekerjaan ini. Jadi, yang satu ini mungkin paling berarti untuk saya sepanjang karier saya,” papar Federer.

raikhul amar

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com