SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Seligi

  • Reporter:
  • Rabu, 31 Oktober 2018 | 15:49
  • Dibaca : 356 kali
Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Seligi
Pengendara roda dua berhenti di pinggir jalan menghindari Operasi Zebra Seligi 2018 di depan Mapolresta Barelang, Selasa (30/10). f romi kurniawan

BATAM KOTA – Ratusan pengendara, baik roda dua maupun roda empat terjaring dalam Operasi Zebra Seligi 2018 di depan Mapolresta Barelang, Selasa (30/10). Razia serentak digelar di Indonesia sampai 12 November mendatang.

Pantauan KORAN SINDO BATAM, banyak pengendara roda dua yang panik melihat polisi. Mereka tak tahu akan ada razia, dan berhenti di pinggir jalan untuk menghindari razia. Namun satu per satu pengendara diarahkan ke lapangan uji praktik membuat SIM untuk diperiksa dokumen berkendara. Pengendara yang dokumennya tak lengkap langsung ditilang.

“Kendaraan yang terjaring kebanyakan tidak memiliki SIM dan kelengkapan kendaraan, seperti spion dan helm,” kata Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati.

Penindakan lain yang dilakukan anggota satlantas di antaranya, kendaraan yang melawan arus lalu lintas, tidak mengunakan helm, penumpang sepeda motor lebih dari satu orang, tidak ada spion, tidak ada surat-surat, dan kelengkapan KIR serta kendaraan yang memiliki stiker aparat keamanan.

“Masyarakat harus melengkapi semua kelengkapan kendaraanya. Sebab petugas akan melakukan tindakan tegas bagi pelanggar yakni tilang,” ujarnya.

Sanksi tegas berupa penilangan kepada kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan. Sedangkan untuk kendaraan bermuatan yang tidak melengkapi KIR akan ditindak Dishub Batam.

Pelaksanaan razia dilakukan dalam dua cara, pertama dengan cara hunting dan stasioner. Sistem hunting adalah dengan cara berkeliling di jalanan, sedangkan sistem stasioner mengelar razia di lokasi rawan pelanggaran,” kata Putu.

Menurut dia, anggota kepolisian nantinya akan menahan surat-surat kendaraan, tergantung pelanggaran apa yang dilanggar. Misalnya, jika pengedara tidak memiliki SIM tapi memiliki STNK, maka petugas akan menahan STNK pengendara.

“Kalau motor bodong, kami akan menahan pengendara dan kendaraannnya untuk diproses,” katanya.

Dalam Operasi Zebra Seligi 2018 ini diterjunkan 400 personel Satlantas Polresta Barelang dan Dishub Batam. Razia gabungan kendaraan roda dua dan empat digelar di sejumlah titik rawan pelanggaran mulai dari Jodoh, Baloi, Batam Centre, Sekupang hingga Batuaji. f romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com