SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ratusan Warga Bersih-bersih Pantai

  • Reporter:
  • Minggu, 22 Oktober 2017 | 11:30
  • Dibaca : 649 kali
Ratusan Warga Bersih-bersih Pantai
Anggota TNI bersama warga saat membersihkan pantai. /IST

NONGSA– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai dan laut di Pantai Payung, Batubesar, Nongsa, Sabtu (21/10/2017). Kegiatan itu melibatkan 200 orang yang terdiri dari anggota TNI, Polri, Dinas Kelautan dan Perikanan, anak-anak sekolah, dan masyarakat.

Aksi gerakan bersih pantai dan laut (GBPL) tersebut diawali edukasi berupa pelatihan pengelolaan sampah di Pantai Nongsa, Jumat (20/10/2017). Kegiatan itu melibatkan peserta dari nelayan, LSM, dan para guru.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Agus Darmawan mengatakan, saat ini wilayah pesisir dan laut mengalami ancaman serius akibat aktivitas manusia, pembangunan, dan industri. “Itu yang memicu timbulnya sampah, pencemaran, dan kerusakan lingkungan yang masuk dari daratan ke laut,” kata Agus.

Sampah laut umumnya mengandung banyak plastik dan logam yang mengalami proses pelapukan dan penguraian yang cukup lama yaitu 50-400 tahun. Untuk itu diperlukan upaya bersama masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mengendalikan sampah terutama di sekitar laut dan pesisir pantai.

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com