SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rayakan Dharmasanti Waisak, Umat Buddha Jaga Kebersamaan

  • Reporter:
  • Sabtu, 9 Juni 2018 | 13:32
  • Dibaca : 458 kali
Rayakan Dharmasanti Waisak, Umat Buddha Jaga Kebersamaan

BATAM – Perayaan Dharmasanti Waisak 2562 BE/2018 bakal berlangsung meriah di Hotel Pacific, Jodoh, pada Minggu (10/6/2018) pekan ini. Acara akan diisi dengan berbagai pentas seni kreasi Buddhis. Perayaan ini menitikberatkan pentingnya menjaga kebhinekaan dan kebersamaan.

“Dharmasanti Waisak 2562 BE bertema Kebersamaan Mempererat Keutuhan Bangsa. Kami ingin menjaga kerukunan umat dan kebersamaan di Batam,” ujar Ketua Panitia Dharmasanti Waisak 2562 BE Herdyanto, kemarin.

Perayaan Dharmasanti Waisak diselenggarakan oleh umat Buddha Kota Batam yg diprakarsai oleh Lembaga Pembinaan Keagamaan Buddha (LPKB) Kota Batam. Kegiatan ini akan diramaikan oleh banyak penampilan seni. Acara yang digelar setiap tahun ini diikuti oleh vihara-vihara, klenteng dan cetiya yg ada di Kota Batam. Acara ini juga akan dihadiri oleh Bhikkhu Indadaro dan Bhikkhu Sila Sarano dari Jakarta. Adapun acara dimulai dari jam 12.30 sampai jam 4.30 sore.

Herdyanto menuturkan pentas seni akan menampilkan berbagai pertunjukan bernuansa buddhis dan nusantara. Di antaranya penampilan drama yang akan menampilkan pertunjukan penting yakni Tiga Peristiwa Waisak, yaitu memperingati lahirnya Bodhisattva Siddharta dan pencapaian penerangan sempurna serta Paribbana (wafat) sang Buddha.

“Ada penampilan drama menceritakan bagaimana kisah Trisuci Waisak,” sambung dia.

Pertunjukan lainnya adalah Batam Buddhis Idol. Ada tiga peserta lomba melantunkan lagu-lagu Buddhis dan pemenangnya berkesempatan untuk rekaman lagu-lagu rohani Buddhis. Albumnya akan disebar di seluruh Indonesia.

“Kami juga mengundang pak Joky pencipta lagu-lagu Buddhis nasional sebagai dewan juri. Siapapun pemenangnya akan dibuatkan lagu rohani dari pak Joky dan akan rekaman di studio joky production,” ujar Herdyanto.

Bagi umat Buddha Batam dipersilahkan hadir saat acara tersebut. Pihak panitia, sambung dia, telah membagikan 5 ribu tiket ke setiap vihara, klenteng dan cetiya di seluruh kota Batam. Mereka juga menyiapkan lucky draw yang akan diundi yang hadiahnya berupa TV LED, kulkas, oven, ponsel dan lain sebagainya.

“Tiketnya gratis dan ada undiannya. Silakan datang,” tutur Herdyanto.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan hal-hal yang positif karena bisa mempererat tali silaturahmi sesama umat. Kata dia, momen ini juga diharapkan lebih meningkatkan kekeluargaan umat buddha kota batam yg terdiri dari berbagai mazab/aliran agama Buddha.

“Inilah momen pemersatu kami, semuanya kumpul di sini. Kami juga mengundang Pemko dan BP Batam, FKUB, MUI dan Majelis serta ormas keagamaan lainya,” ujar dia.

Penyelenggara Bimas Buddha Kemenag Batam Kodho Eko Prayogo mengharapkan perayaan Waisak ini dapat lebih meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat Buddha. Menurutnya, ajang kegiatan ini sebagai wahana umat Buddha bisa lebih bersatu dengan menampilkan kreasi dari masing-masing majelis.

“Di umat Buddha ada berbagai macam aliran. melalui kegiatan Dharmasanti ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat Buddha khususnya di kota batam,” ucap dia.

Tema yang diberikan juga berbeda-berbeda setiap tahunnya. Untuk itu sambungnya, semua umat Buddha duharapkan bisa memberikan sumbangsih khususnya kepada masyarakat Batam dalam pembangunan mental hidup masyarakat dan mendukung program pemerintah. Semua umat Buddha bisa memberikan sumbangsih bagi masyarakat Batam dalam pembangunan mental masyarakat serta mendukung program-program pemerintah.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com