SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Realisasi Labuh Jangkar Tunggu Pergub

  • Reporter:
  • Jumat, 8 Februari 2019 | 11:43
  • Dibaca : 158 kali
Realisasi Labuh Jangkar Tunggu Pergub
Ilustrasi foto ARRAZY ADITYA

PINANG – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri optimistis tahun ini bisa merealisasikan pendapatan daerah dari sektor jasa labuh jangkar. Pasalnya Pemerintah Pusat sudah memberi lampu hijau pengelolaannya ke daerah.

“Memang saat ini belum dilakukan karena masih menunggu Peraturan Gubernur (Pergub). Apabila Pergub ini sudah disahkan gubernur (Gubernur Kepri Nurdin Basirun), maka tidak ada alasan untuk tidak memungut jasa labuh jangkar ini. Tentu kita akan mendapatkan PAD lumayan besar dari sektor ini,” kata Kadishub Kepri Jamhur Ismail di Tanjungpinang, Kamis (7/2).

Jamhur menegaskan, target tahun 2019 ini Kepri sudah bisa menarik jasa labuh jangkar kapal di laut Kepri hingga 12 mil sesuai Undang-undang yang berlaku tentang Pemerintahan Daerah.

Untuk oprator penarikan jasa labuh jangkar ini jelasnya, akan melibatkan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang ada di Batam dan juga melibatkan agen pelayaran yang selama ini sudah ada dan berjalan.

“Kan kita ada BUP di Batam dan juga agen pelayaran. Mereka ini sudah berpengalaman di bidang ini, sebab sudah berkiprah dari jasa ini sehingga kita optimistis tahun ini bisa dipungut jasa ini. Target kita dari PAD ini bisa mencapai Rp60-80 miliar,” harapnya.

Ia mengatakan, langkah yang sudah dilakukan Pemprov Kepri juga telah maksimal, baik dengan cara pendekatan melalui jalur lobi-lobi hingga menempuh jalur hukum lainnya telah dilakukan dan saat ini sudah ada perkembangan yang signifikan.

“Usaha Pemprov Kepri sudah maksimal untuk mendapatkan hak jasa labuh jangkar kapal di perairan Kepri sesuai perundangan. Buktinya Kemenhub sudah mau memberikan apa yang selama ini diperjuangkan Pemprov Kepri terkait jasa labuh tersebut,” katanya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com