SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

REI Dukung KEK Baru

  • Reporter:
  • Kamis, 19 April 2018 | 16:24
  • Dibaca : 98 kali
REI Dukung KEK Baru

DUA kawasan ekonomi khusus (KEK), yakni KEK Tanjung Gunung di Kabupaten Bangka Selatan dan KEK Pantai Timur Sungailiat di Kabupaten Bangka sudah diajukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada pemerintah pusat.

Pengembangan dua KEK ini diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, melalui masuknya lebih banyak investasi ke Pulau Bangka. “Keberadaan KEK akan mendorong lebih banyak investasi, baik dari luar daerah maupun luar negeri masuk ke provinsi tersebut,” ujar Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata saat HUT ke-46 REI di Provinsi Bangka Belitung akhir pekan lalu.

Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata pun memberikan dukungan penuh terhadap rencana Pemprov Babel untuk membangun dua KEK pariwisata sekaligus di Pulau Bangka. Dia berharap kedua KEK yang masih sedang dalam proses kajian di Dewan KEK Nasional, bisa saling melengkapi untuk mempercepat pembangunan sektor pariwisata di daerah itu.

“Semakin banyak KEK, maka investor memiliki banyak pilihan. Saya pikir ini ide dan prakarsa yang baik untuk memajukan sektor properti dan pariwisata di Babel,” ujar Soelaeman. Menurut dia, potensi alam Babel sangat besar, dan sektor pariwisata merupakan masa depan buat daerah ini.

Keindahan alam khususnya pantai adalah anugerah Tuhan untuk masyarakat Babel. “Sekarang tinggal bagaimana mengelolanya dengan baik, dan di sini butuh dukungan kebijakan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah,” kata Soelaeman.

Apabila restu dari pemerintah pusat turun, menurut dia, maka kedua KEK ini akan melengkapi kawasan strategis prioritas nasional (KSPN) Tanjung Kelayang yang berlokasi di Pulau Belitung, pulau terbesar kedua di provinsi tersebut. “Saat ini sudah ada investor yang melirik potensi ekonomi, khususnya properti pariwisata di Babel, namun masih minim.

Oleh karena itu, langkahlangkah strategis untuk menarik lebih banyak lagi investor untuk menanamkan modalnya di Babel perlu dilakukan,” imbuh Ketua DPD REI Bangka Belitung Thomas Jusman.

Kegiatan perayaan HUT ke-46 REI di Bangka Belitung, menurut Eman, dapat menjadi momentum bagi Pemprov Babel menyampaikan peluang investasi apa saja yang memungkinkan dilakukan pengembang anggota REI.

Pada acara itu, sekitar 1.000 hingga 1.200 peserta akan hadir memeriahkan puncak HUT REI 2018. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengaku sudah menyiapkan dan mengajukan dokumen dua KEK pariwisata di Bangka, yakni KEK Pantai Tanjung Gunung dan KEK Pantai Timur Sungailiat.

Dia mengaku telah melakukan pemaparan di Kemenko Perekonomian. Namun, Dewan KEK Nasional meminta beberapa persyaratan yang kurang untuk dilengkapi. Pemprov Babel menargetkan kedua KEK tersebut dapat ditetapkan pada tahun ini.

“Kedua KEK ini kami ajukan dan perjuangkan secara bersamaan. Tetapi bukan berarti keduanya saling bersaing, karena masingmasing KEK dimajukan dengan segmen dan style yang berbeda,” sebut dia.

KEK Tanjung Gunung lebih untuk MICE, sedangkan KEK Pantai Timur Sungailiat lebih pada wisata pantai, budaya dan seni, serta wisata religi. Menurut Erzaldi, pantai timur Sungailiat memiliki keunggulan karena tipikal pantainya mirip Belitung, yakni geopark dengan bebatuan granit nan memukau.

anton c

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com