SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

REI Expo 2019, Saat Terbaik Membeli Properti

  • Reporter:
  • Selasa, 23 April 2019 | 14:39
  • Dibaca : 143 kali
REI Expo 2019, Saat Terbaik Membeli Properti

REAL Estate Indonesia (REI) Kota Batam kembali menggelar pameran properti terbesar di Batam. Sebanyak 17 pengembang dan didukung dua bank yakni Bank Tabungan Negara (BTN) konvesional dan BTN Syariah yang akan memberikan penawarkan, kemudahan dan diskon menarik.

Ketua DPD Rei Khusus Batam Achyar Arfan mengatakan, REI Expo 2019 akan berlangsung 24 April hingga 5 Mei 2019 di Mega Mall, Batam Centre. Pameran properti sendiri merupakan agenda rutin REI Kota Batam. Tujuannya untuk menggairahkan kembali atau memberikan informasi lebih kepada masyarakat. “Ini merupakan pameran pertama di tahun 2019 yang REI laksanakan. Bisanya setiap tahun kita memang mengadakan dua kali,” kata Achyar di Kantor REI Batam, Senin (22/4).

REI Expo pada dasarnya sudah direncanakan sejak lama, hanya saja untuk tahun ini diakuinya ada beberapa hal yang sedikit membuat keraguan bagi REI apakah akan tetap menyelenggarakan pameran atau tidak. Karena saat ini masih dalam masa pemilu Presiden dan Wakil Presiden, sehingga sudah pasti akan berpengaruh kepada konsumen. Tak hanya itu, berkaitan rencana perubahan struktur organisasi di Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam waktu dekat ini, sebagaimana yang disampaikan oleh pemerintah pusat juga sempat diyakini akan mempengaruhi. Namun setelah dilakukan diskusi bersama dengan para anggota Rei Kota Batam, bahwa pameran harus tetap dilaksanakan sebagaimana biasanya.

“Sebagai pengusaha kami harus optimistis. Dan alhamdulilah minat pesertanya sendiri sangat antusias, bahkan beberapa ada yang baru bergabung,” katanya.

Adapun developer yang akan memasarkan produknya pad REI Expo 2019 saat ini di antaranya adalah Adhya Mitra Bangun Sarana (Sukajadi), Puri Triniti Batam, Dimas Pratama Indah (Orchard Park), Cipta Group, PKP Group, Tanamas Duta Niaga (Costarica), Kinarya Rekayasa (Puri Khayangan), dan Edofa Cipta Graha Development.

Kemudian, Indonesian Paradise Property (One Residence), Kurnia Djaja Makmur Abadi (KDA), Adi Bintan Permata, Tunas Interior Batam (Onna), Nita Intan Sarana, Makmur Signature Granitindo, Mowilex Indonesia, Mitra Barelang Sejahtera dan Mitra Barelang Sejahtera. “Kemudian BTN konvesional dan BTN syariah, yang selama ini selalu berkomitmen untuk selalu mendukung kegiatan kami,” katanya.

Achyar mengaku pihaknya optmistis properti di Batam akan tumbuh sesuai dengan diharapkan. Tahun lalu REI Expo mencatat transaksi di atas Rp70 miliar dan melebihi yang ditargetkan. Tahun ini pihaknya juga yakin bahwa transaksi akan mencatatkan di atas tahun lalu.

Wakil Branch Manager BTN cabang Batam
, Ardi Damawan, mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen mendukung REI Expo di Batam. Karena properti diakuinya masih menguasai kredit di BTN. Itu sebabnya pihaknya juga menawarkan banyak promo dan kemudahan bagi konsumen selama pameran berlangsung. “Kami memiliki progam anyar yang memang untuk para milenial yakni KPR Gaeesss,” kata Ardi.

Keunggulan utama program ini adalah kalangan milenial tidak perlu khawatir untuk mengumpulkan uang muka. Sebab lewat KPR ini menawakan DP minimal 1% khusus untuk rumah pertama. Kemudian juga memberikan diskon 50% biaya provisi dan administrasi. Biaya-biaya proses KPR tersebut akan dimasukkan dalam plafon kredit.

KPR Gaeess juga memiliki tenor panjang. Untuk kredit kepemilikan apartemen (KPA) diberikan tenor sampai 20 tahun dan tenor untuk kredit rumah mencapai 30 tahun. Program ini sendiri diluncrukan BTN untuk mendukung para anak-anak muda untuk segera memiliki rumah. “Kami juga memiliki KPR untuk rumah-rumah subsidi dengan bunga hanya 5 persen dan rumah non subsidi dengan 8,88 persen tapi untuk yang non subsidi ini tidak mengikat untuk developer yang ada kerjasama dengan kita,” katanya.

Program KPR lainnya adalah KPR Kartini di mana bagi konsumen perempuan yang mengajukan KPR akan digratiskan biaya provisi dan administrasi, program ini hanya berlaku pada April ini. Kemudian untuk TNI, Polri uang muka bisa hanya 5 persen.

Sub Branch Head BTN Syariah, Arief Wibowo mengatakan untuk promo di BTN Syariah pada dasarnya tidak banyak berbeda. Seperti program KPR Hits untuk calon konsumen berusia 21-65 tahun. Tenornya mencapai 30 tahun dan uang muka bisa sampai dengan satu persen. Tapi dengan syarat harus sudah menikah.

Keuntungan lainnya di BTN Syariah adalah bunganya yang flat. Contohnya angsuran lima tahun pertama tetap di angka 7,75 persen. Dan kenaikan berikutnya sudah disepakati sesuai dengan perjanjian awal.

Hal ini kata dia yang membuat perbedaan dengan bank konvesional.

“Untuk PNS, Polri dan TNI kita juga ada program potongan biaya administrasi 50 persen dan tanpa biaya appraisal. Dan dapat uang muka hanya 1 persen. Karena itu untuk lebih jelas silahkan datang ke REI Expo,” jelasnya.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com