SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rekrutmen CPNS 2018 di Bawah Angka Pensiun

  • Reporter:
  • Selasa, 2 Januari 2018 | 17:23
  • Dibaca : 153 kali
Rekrutmen CPNS 2018 di Bawah Angka Pensiun
ilustrasi

JAKARTA – Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 dipastikan di bawah angka pensiun.

Sementara angka pensiun sampai tahun depan disebutkan 250.000 pegawai negeri sipil (PNS). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan- RB) Asman Abnur menga ta kan, Presiden dan Wakil Pre siden menginginkan agar rek rut men di bawah yang pensiun.

“Presi – den inginnya minus growth jadi tidak lebih dari 200 ribu an,” kata dia di Jakarta kemarin. Meski begitu, dia berharap setidaknya formasi untuk tahun depan minimal setengah dari jumlah pensiun. Dia juga mengakui hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara. “Kita berharap mi nimal 50%. Ini terdiri atas pegawai pusat dan daerah.

Porsi – nya ditentukan nanti berapa kemampuan negara,” ucap dia. Lebih lanjut Asman meng – ingat kan ada beberapa jabatan yang diprioritaskan yaitu te naga pendidikan dan kesehatan. Selain itu, dia juga akan melihat program-program prioritas di masing-masing daerah se hingga formasi yang diberikan harus da pat menunjang program ter – sebut.

“Pegawai-pegawai yang menunjang pembangunan daerah misalnya daerah dengan kon sentrasi pertambangan jangan sampai tidak punya ahli tam bang. Kita akan berikan formasi sesuai dengan konsentrasi setiap daerah,” ujar dia. Dia mengatakan, daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50% dari anggaran pen da – pat an dan belanja daerah (APBD) tidak akan men da pat – kan formasi.

Daerah harus cer – mat agar belanja pegawai tidak membebani APBD. “Jadi kepala daerah perlu diperhatikan apa yang menjadi kebutuhannya. Kita akan lakukan pengawalan secara ketat terkait rekrutmen yang baru ini,” kata Asman. Deputi Bidang Sumber Da ya Manusia (SDM) Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wang – saat maja mengatakan, usulan ter sebut didasarkan pada jum lah PNS yang pensiun sampai 2018.

“Sebenarnya kami belum tahuberapayangsudahdisetujui berkaitan dengan keuangan negara 2018. Jadi yang pensiun 250.000, 38.000 PNS pusat dan sisanya daerah. Baru itu yang disampaikan ke Kemenkeu, tapi belumadajawabannya,” katadia.

dita angga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com