SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ribuan Masyarakat Simalungun Hadiri Malam Marsombuh Sihol

  • Reporter:
  • Jumat, 1 Desember 2017 | 18:39
  • Dibaca : 357 kali
Ribuan Masyarakat Simalungun Hadiri Malam Marsombuh Sihol
Masyarakat Simalungun Hadiri Malam Marsombuh Sihol. /M ARIEF RACHMAN

SINDOBATAM – Ribuan masyarakat Simalungun yang ada di Kota Batam mengikuti Seminar adat budaya dan malam Marsombuh Sihol di Harmoni One Hotel Batam Centre, Kamis (30/11/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan Masyarakat Simalungun Indonesia (HMSI) Kepri sukses. Seluruh tamu menikmati acara itu, terutama malam hari yang diisi dengan sejumlah hiburan dari artis Simalungun, di antaranya Jhon Elyaman Saragih, Triadil Saragih, Rando Sembiring, Yovel Purba dan Sumani Purba. Mereka berjoget dan bernyanyi bersama di depan panggung sambil menikmati lantunan musik.

Tidak hanya lantunan lagu yang dipersembahkan artis Simalungun, mereka juga berkolaborasi dengan alat musik tradisional khas Simalungun seperti Serune dan Seruling. Masyarakat yang hadir terhibur, mereka larut dalam suasana kegembiraan.

Ketua Umum DPD HMSI Kepri Sahmadin Sinaga menuturkan, kegitan yang digelar satu hari penuh tersebut bertujuan kembali menghidupkan budaya generasi muda, tanpa membeda-bedakan agama. “Toleransi dalam beragama tetap kita jaga dan junjung, kita tidak membedabedakan. Kami masyarakat Simalungun tetap satu,” kata Sahmadin.

Untuk menanamkan rasa kepedulian dan tanggung jawab masyarakat Simalungun, kata dia, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin tahunan demi menjaga dan melestarikan budaya Simalungun dalam melaksanakan adat istiadat kehidupan sehari hari. “Di Kepri belum sangat dikenal, kita harus membudayakan adat ini, jangan sampai hilang begitu saja. Kegiatan ini juga akan kami gelar tahunan, agar budaya ini tetap ada,” katanya.

Dalam kegiatan itu juga, Pemprov Kepri menghibahkan satu unit ambulan untuk masyarakat HMSI. “Dengan momen ini juga kami mengaprsiasi Pemerintah Provinsi. Kami dapat satu mobil, selama ini kita selalu pinjam untuk membantu yang kemalangan,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kepri Tagor Napitupulu yang hadir pada malam Marsimboh Sihol juga mengapresiasi terselelnggaranya acara tersebut. Masyarakat Simalungun seolah-olah bisa berada di kampung halaman dengan budaya-budaya yang disajikan.

“Kegiatan ini tidak lepas dari budaya Simalungun. Untuk berpartisipasi melestarikan budaya yang sudah ada, kami akan bantu dan dukung penuh acara yang lebih besar di tahun berikutnya,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com