SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rudi Pangkas Jabatan Eselon III dan IV BP Batam

  • Reporter:
  • Selasa, 26 November 2019 | 14:33
  • Dibaca : 209 kali
Rudi Pangkas Jabatan Eselon III dan IV BP Batam
Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi

BATAMKOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan merampingkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat ataupun juga investor. Selain menggabung sejumlah direktorat menjadi satu satu, jabatan untuk eselon III dan IV di beberapa direktorat nantinya akan dipangkas.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, percepatan pelayanan saat ini menjadi salah satu prioritasnya. Karena itu pemangkasan jabatan di eselon III dan IV dimaksudkan untuk mempercepat pelayanan dan memangkas birokrasi yang panjang. Sehingga setiap dokumen yang masuk dari pintu pelayanan akan langsung ke direktur atau pejabat setingkat eselon II.

“Selama ini kan dari pelayanan harus ditandatangani pejabat eselon IV, III baru sampai ke direkturnya. Ke depan kami pangkas, dari pelayanan langsung ke direktur, biar cepat,” ujarnya di Batam Centre, Senin (25/11).

Perampingan SOTK baru tersebut, menurut dia, merupakan perintah dari Dewan Kawasan Batam yang memang harus dilakukan BP Batam. Karena itu beberapa direktorat yang memiliki tugas dan fungsi hampir sama akan dijadikan satu. Hal ini juga menjadi bagian untuk mempercepat pelayanan dan perizinan investasi yang ada di BP Batam.

Namun, pihaknya mengimbau kepada para pejabat yang saat ini menduduki jabatan di eselon III dan IV untuk tidak resah. Terutama terkait gaji dan kesejahteraan, Rudi memastikan bahwa apa yang sudah diterima selama ini tidak akan berkurang, pemerintah akan tetap memberikan gaji dan tunjangan sesuai dengan yang sudah diterima selama ini.

“Hal ini yang perlu digaris bawahi, apa yang sudah diterima selama ini akan tetap diberikan. Pemangkasan itu dilakukan memang kami ingin memangkas birokrasi yang terlalu panjang dan itu sudah jadi perintah Presiden,” katanya.

Kemudian, beberapa direktorat yan akan digabung di antaranya adalah Kantor Pelabuhan Laut, Kantor Pengelolaan Lahan dan Direktorat Lalu Lintas Barang. Ketiganya nanti akan menjadi Direktorat Pelayanan. Kemudian, seluruh pelayanan lahan nantinya juga akan dipindahkan ke Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Besok, (hari ini) saya akan rapat di BP Batam. Semua akan kami selesaikan. Termasuk SOTK ini, besok akan kita sampaikan,” jelasnya.

Rudi mengatakan, selain percepatan perizinan, pihaknya mengaku juga fokus untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi Batam. Salah satunya adalah revitalisasi Pelabuhan Batuampar, saat ini BP Batam sudah mulai membongkar gudang Persero yang berada di dermaga utara.

Bekas gudang Persero tersebut nantinya akan menjadi tempat kontainer, sehingga kontainer yang baru datang dari kapal bisa segera diangkat. Hal ini diharapkan dapat mempercepat proses bongkar muat di pelabuhan. Selain itu juga peningkatan crane yang digunakan untuk proses bongkar muat.

“Selain itu Bandara Internasional Hang Nadim, kami akan gesa untuk peningkatan kapasitas kargonya dan pembangunan terminal dua,” kata Rudi. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com