SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rudi Resmikan Vihara Samudra Dharma, Jadi Destinasi Wisata Religi di Kota Batam 

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Juli 2019 | 14:18
  • Dibaca : 315 kali
Rudi Resmikan Vihara Samudra Dharma, Jadi Destinasi Wisata Religi di Kota Batam 
Wali Kota Batam Muhammad Rudi menandatangani prasasti saat peresmian Vihara Samudra Dharma di Tiban Mentarau, Sekupang, Senin (8/7). F Agung Dedi Lazuardi

SEKUPANG – Wali Kota Batam Muhammad Rudi meresmikan Vihara Samudra Dharma (Cui Kao Pekong) di Tiban Mentarau, Sekupang, Senin (8/7). Vihara yang berdiri sejak 29 tahun silam termasuk salah satu vihara tertua yang ada di Kota Batam.

Ketua Yayasan Samudra Dharma Hartoyo alias Aheng mengatakan, sebagai salah satu destinasi religi di Batam. Vihara Samudra Dharma memiliki daya tarik tersendiri, selain sering dikunjungi umat Buddha, vihara yang memiliki suasana alami yang indah juga menjadi daya tarik umat agama lain yang datang berkunjung.

“Vihara kami juga kerap dikunjungi wisatawan mancanegara seperti Vietnam, Thailand, Singapura,Malaysia, India serta negara Asia lainnya, dan jumlahnya tiap tahun selalu meningkat,” ujarnya.

Dengan desain bagunan dan ornamen yang memiliki karakter seni yang tinggi, dan suasana vihara yang sangat indah dan asri, tak heran wisatawan lokal juga kerap mengunjungi vihara tersebut. Selain menikmati suasana sore hari, pengunjung juga kerap mengabadikan momen bersama kerabat dan keluarga.

“Dari Jambi, Pekanbaru, Kalimantan serta kota lain juga datang ke sini. Ditambah lagi karya seni vihara rata-rata dibuat oleh anak bangsa yang berbeda agama lain seperti patung dewa-dewi dan shio dibuat oleh Pak Mario yang beragama Islam, sedangkan arsitektur landscape dibuat oleh Pak Gun Prasetyo dari Katolik,”
jelasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkarnain Umar mengatakan, berdasarkan catatan, izin pendirian Vihara Samudra Dharma sudah ada sejak 2011. Ia berharap dengan diresmikannya tempat ibadah umat Buddha itu, ke depan bisa menambah semangat dalam melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Zulkarnain juga meminta agar pengurus Vihara Samudra Dharma bisa melibatkan masyarakat sekitar dalam menggelar berbagai kegiatan.

“Dalam kegiatan sosial, tak perlu lagi kita mengkotak-kotakkan ras, berbuatlah untuk masyarakat tanpa memandang ras, dan saat ini itulah yang kami kembangkan modernisasi beragama,” katanya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyambut baik dengan resminya Vihara Samudra Dharma. Ia berharap, selain menambah satu destinasi wisata religi di Sekupang, Vihara Samudra Dharma bisa menjadi pemersatu umat Buddha serta umat lain di Batam

“Mari kita ciptakan persatuan hubungan umat beragama, karena keamanan dan kondusifitas kota Batam semua ada di tangan kita semua,” katanya.

Menurut dia,dengan kondisi Batam yang aman dan kondusif tentunya bisa mencapai ekonomi akan lebih baik dan tentunya tujuan Batam menjadi kota wisata yang ramah akan tercapai,

“Saya meminta komunikasi dengan warga sekitar terus dilakukan, kehidupan sosial pisahkan dengan agama, kalau itu berjalan target wisata pasti akan tercapai,” ujarnya. agung dedi lazuardi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com