SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rutan Batam Over Kapasitas

  • Reporter:
  • Minggu, 2 Juli 2017 | 20:28
  • Dibaca : 618 kali
Rutan Batam Over Kapasitas
445 Napi Rutan dan Lapas di Batam Terima Remisi Idul Fitri. Foto Muhammad Arief.

TEMBESI – Rumah Tahanan (rutan) Batam mengalami kelebihan kapasitas. Jumlah narapidana yang menempati rutan kini mencapai 956 orang. Hampir empat kali lipat dari jumlah ideal, yakni 285 orang.

Pihak Rutan mengaku kewalahan mengawasi seluruh napi yang ada. Pasalnya, jumlah petugas tidak sebanding dengan jumlah napi penghuni rutan. Namun demikian, pelayanan dan pengawasan ditingkatkan untuk mencegah hal tidak diinginkan, seperti tahanan kabur, peredaran narkoba, atau tindak kriminal lain di dalam Rutan.

Kepala Rutan Barelang Batam, David Hasudungan Gultom menuturkan, pihaknya berupaya bekerja sesuai dengan prosedur agar hal tersebut tidak terjadi. “Kita berusaha bagaimana caranya di dalam rutan tidak ada narkotika, tidak ada pungli, dan selalu berusaha bagaimana mereka bisa memiliki kegiatan setiap hari,” kata David, Sabtu (1/7).

Untuk menghindari hal tidak diinginkan, kata David, rutan kerap mengadakan kegiatan positif untuk membuang pikiran negatif para napi. “Mereka itu perlu dibina. Makanya kita harus berikan dukungan moral kepada meraka untuk menjauhi hal-hal negatif,” katanya.

Selain itu, untuk mengurangi jumlah napi, pihak rutan juga akan memindahkan 96 napi wanita yang masih menjalani masa tahanan ke LPP Baloi. “Insya Allah Tahun ini sudah bisa dipindahkan semua secara bertahap. Nantinya jika ada napi wanita baru akan langsung diarahkan ke LPP,” kata David.

Menurut David, over kapasitas ini terjadi saat pengiriman tahanan ke Lapas Batam. Pasalnya, rutan tidak bisa mengirim tahanan yang sudah mendapat vonis hukuman karena lapas juga sudah over kapasitas.

“Kami harap pihak terkait bersama masyarakat bisa menekan angka kejahatan agar para pelaku kejahatan tidak bertambah di rutan dan lapas,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com