SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Rute Baru Qantas, Perth-London Nonstop

  • Reporter:
  • Selasa, 27 Maret 2018 | 16:37
  • Dibaca : 140 kali
Rute Baru Qantas, Perth-London Nonstop

PERTH – Maskapai Australia, Qantas, mencatat sejarah baru penerbangan. Kemarin Qantas untuk pertama kali terbang nonstop dari Perth, Australia, ke London, Inggris. Pe ner bang an ini memangkas waktu ter bang hingga empat jam dengan menghapus transit di Singa pu ra atau Timur Tengah.

Penerbangan selama 17 jam 20 menit itu dioperasikan Boeing 787-9 Dreamliner yang ti ba di London pada pukul 5.05 pagi, mencakup jarak lebih dari 14.484 km. Jalur baru itu di sebut layanan “Rute Kanguru”. Perjalanan bersama Kap ten Lisa Norman itu menjadi pe nerbang an terjauh di dunia ba gi jenis pesawat Boeing Dream liner. Ini juga meru pa kan pe ner bangan terpanjang ke dua di dunia setelah layanan Q atar Airways yang melayani rute antara Doha dan Auck land yang berjarak 14.529 km atau hanya lebih 31 km bila di ban dingkan dengan ja rak dari Perth ke London.

“Penerbangan ini me nandai hari bersejarah bagi penerbang an. Mulai hari ini pe ner – bangan akan menjadi jalur perta ma an ta ra Australia dan Eropa yang per nah ada nonstop da lam pe ner bang an. Kami sangat gembira,” pa par Chief Exe cutive Of ficer (CEO) Qan – tas Alan Joyce se perti di kutip kan tor berita Reuters. Sekitar 730.000 turis Inggris mengunjungi Australia setiap tahun dan layanan baru itu da pat mendorong minat di nega ra bagian Australia Barat yang ter kenal dengan pantai ti murnya. “Akan ada lebih banyak peluang dibandingkan se be lumnya bagi kami untuk me nun jukkan dan menyoroti semua ba gian ter baik Australia, termasuk be be ra pa bagian ikonik dan paling hebat dari Australia Barat,” ujar Menteri Pariwisata Australia Steven Ciobo.

Layanan ini mengubah peta kom petisi bidang pe nerbangan. “Untuk memiliki peluang naik pesawat di Hea – throw dan ke luar di Perth meru pakan fe no m ena yang luar bia sa dan sa ya ya kin kami akan me lihat ba nyak dan banyak orang meng ambil ke u ntungan itu,” kata Komisioner Tinggi un tuk Aus tralia di Ing gris Mena Rawlings. Jalur baru ini merupakan bagi an dari rencana ambisius Qan t as yang diungkap dua tahun lalu untuk menambah penerbangan ultrajauh dalam ja dwal global. Ini akan termasuk pe nerbangan nonstop dari pantai timur Australia ke Eropa yang akan dinamai “Proyek Mata hari Terbit”. Tahun lalu CEO Qantas Alan Joyce menyatakan, “Penerbang an semacam itu me ru pakan perbatasan terakhir pe nerbangan global, penangkal tirani ja rak dan revolusi bagi perja lanan udara di Australia.”

Qantas sebagai maskapai ter tua kedua di dunia itu per tama kali mengoperasikan la yan – an “Rute Kanguru” dari Syd ney ke London pada 1947 yang saat itu membutuhkan wak tu em – pat hari dan sem bi lan transit. Salah satu nilai tambah utama yang diberikan maskapai asal Australia ini ada lah pe ningkat an ke nya man an untuk perja lanan ul tra jauh tersebut. Para pe numpang akan menikmati kua litas udara yang lebih baik, ke bisingan ka bin yang lebih ren dah, dan tur bu lensi yang lebih sedikit.

“Beberapa penumpang juga akan mengenakan peralatan mo n itor khusus sehingga para pe neliti dari Universitas Sydney da pat mengumpulkan data tentang tidur mereka dan pola ak tivi tas, kondisi mental, pola makan dan hidrasi, sebelum, se lama dan setelah penerbangan pan jang mereka,” ungkap laporan Sydney’s Daily Telegraph. Ini bukan pertama kali Qan – tas melayani penerbangan langsung dari Australia ke Eropa. Mas kapai itu pada 2015 me ner – bangkan layanan dari Perth ke Is t anbul membawa warga Austra lia ke Gallipoli, Turki, untuk mem peringati satu abad sejak ten tara dari Australia dan Selan dia Baru bertempur di sana ke tika Perang Dunia I.

Qantas juga menerbang kan sa tu penerbangan pe num pang non stop dari London ke Syd n ey pa da 1989 dengan pe sa wat Boeing 747. Sebelum layanan baru Qan – tas itu, penerbangan ter pan jang ke Inggris adalah ru te se pan jang 11.708 km an ta ra Hea th row dan Ja karta yang di o pe ra sikan Garuda Indonesia. Qan tas be rencana me nge nal kan pener bangan non stop dari pan tai timur Aus tra lia ke Ing gris dalam be berapa ta hun mendatang. Beberapa penerbangan internasional nonstop ter pan jang di dunia termasuk Qatar Airways yang melayani rute an ta ra Doha dan Auckland se pan jang 14.529 km yang m e ru pa kan rute terpanjang di du nia de ngan wak tu tempuh 17 jam 40 menit.

Ada juga Emirates yang mela yani rute antara Dubai dan Auck land sepanjang 14.200 km, United Airline melayani rute antara Los Angeles dan Si ngapura sejauh 14.000 km, dan Qan tas yang melayani rute antara Sydney dan Dallas sejauh 13.800 km.

Syarifudin

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com