SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Satres Narkoba Polres Bintan Musnahkan Sabu Milik Kurir Jaringan Napi Lapas Batam

  • Reporter:
  • Jumat, 28 Juni 2019 | 17:17
  • Dibaca : 141 kali
Satres Narkoba Polres Bintan Musnahkan Sabu Milik Kurir Jaringan Napi Lapas Batam

BINTAN – Satres Narkoba Polres Bintan memusnahkan barang bukti natkotika jenis sabu hasil tangkapan milik tersangka, Novy Opriyandi (35) yang merupakan kurir Sabu jaringan Lapas Batam yang berhasil diringkus Polres Bintan beberapa hari lalu.

Pemusnahan ini dipimpin oleh Kasatres Narkoba Polres Bintan, AKP Nendra Madya Tias yang didampingi Kepala Kejari Bintan, Sigit Prabowo yang digelar di Mapolres Bintan, Jumat (28/6).

Sebelum melakukan pemusnahan, Nendra menerangkan, hasil tangkapan barang bukti narkotika jenis sabu milik kurir yang merupakan suruhan Napi dari dalam salah satu Lapas di Batam itu didapati sebanyak 19 paket sedang dan satu paket kecil yang bobotnya setelah ditimbang berat kotor sebanyak 960,88 gram.

“Sementara untuk berat bersih barang bukti itu seberat 944,54 gram. Dan yang dilakukan pemusnahan sebanyak 742,68 gram, sebahgiannya disisihkan untuk keperluan uji laboratorium dan disisihkan untuk barang bukti yang nanyinya dihadirkan di persidangan,” terangnya.

Pantauan saat giat itu, pemusnahan narkotika jenis sabu ini dilakukan dengan cara direbus dan dibuang ke parit selokan yang berada persis di depan Mapolres Bintan. 

Namun, sebelum sabu itu dimusnahkan, Nendra mempersilakan Kejari Bintan, pihak dari kuasa hukum tersangka serta perwakilan dari awak medai untuk melakukan uji tes keaslian dari barang haram itu dengan menggunakan alat narkotes. Tes uji keaslian ini dilakukan dengan cara masing-masing perwakilan mengambil sampel dari bungusan paket narkotika jenis sabu itu secara random (acak.red) untuk dimasukkan ke dalam alat natkotes. Dan saat dilakukan pengadukan sampel itu didalam alat narkotes, cairan yang ada di dalamnya langsung berubah warna menjadi biru.

“Jika cairan dalam alat narkotes ini berubah warna menjadi biru, itu menandakan sabu itu asli,” jelas Nendra.

Usai pemusnahan, Nendra dalam keterangan pers-nya menyampaikan awal pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan yang diterima dari masyarakat, jika ada seseorang dari luar kota yang akan membawa narkotika jenis sabu melewati Bintan. Dalam laporan yang diterima yang bersangkutan akan menggunakan transportasi penyebrangan laut kapal Roro dari Pelabuhan Punggur menuju Tanjunguban. Saat ditindaklanjuti, dan menuju ke pelabuhan Roro Tanjunguban (Bintan) yang bersangkutan dengan ciri-ciri yang diterima sudah tidak berada lagi di lokasi.

“Lalu kemudian, tidak lama dari itu kita kembali mendapatk informasi yang bersangkutan sudah bergerak menuju arah kota Tanjungpinang dan kita langsung melakukan pengejaran hingga mendapati tersangka di Tepi Laut Tanjungpinang, tepatnya di depan Wisma Tepi Laut, dan berhasil kita ringkus,” ungkap Nendra.

Nendra melanjutkan, dari penggeledahan terhadap badan dan kendaraan milik tersangka ditemukan barang bukti sebanyak 20 (dua puluh) Paket Sedang dan 1 (satu) paket kecil Narkotika jenis Sabu dan barang bukti lain nya yang sudah diamankan berupa 1 Kotak kondom, 3 bungkus balon, 1 botol kecil baby oil, plastik es, timbangan digital, 2 unit handphone. 

“Barang itu diambil dan dibawa dari kota Batam atas petunjuk seorang Napi di Lapas Barelang untuk dibawa menuju ke wilayah Palu di Sulawesi Tengah dengan menggunakan pesawat, dari Tanjuntpinang. Dalam kasus ini kita masih menetapkan satu orang tersangka, dan kita masih melakukan pengembangan dan pendalaman keterlibatan sejumlah pihak,” pungkasnya.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com