SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Satukan Perizinan di Satu Tempat

Satukan Perizinan di Satu Tempat
Mal Pelayanan Publik sudah siap dilakukan uji coba. /AGUNG DEDI LAZUARDI

BATAM – Mal Pelayanan Publik (MPP) yang digagas oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), rampung. Di mal ini terdapat 30 instansi dengan 413 layanan, sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan serta bebas pungli.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam Gustian Riau. Ia bersama pegawai lainnya, Minggu (3/12/2017) membereskan stan yang akan ditempati Pemerintah Kota atau Pemko Batam untuk melayani masyarakat nantinya. Tak hanya membersihkan lantai, sejumlah pegawai lain mengelap meja.

Di Stan yang berbentuk lingkaran itu dilengkapi kaca transparan dengan bagian atas berwarna biru dan tertulis “Pemko Batam”. Untuk layanan yang akan diberikan oleh Pemko selain dari DPM PTSP, juga ada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam.

Selain itu, ada Stan Badan Pengusahaan (BP) Batam, tak jauh juga terlihat beberapa setan lain seperti milik Provinsi Kepri, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap disingkat Samsat, Polda Kepri, Polresta Barelang, Imigrasi, Bea Cukai, Badan Pertanahan Nasional, Kantor Pajak, Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Kantor Kementerian Tenaga Kerja, Kemenag dan Kejaksaan.

Sementara instansi non pemerintah ada dari BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Kadin, Real Estate Indonesia (REI), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), ATB dan Bright PLN. Kemudian ada enam layanan perbankan dari Bank Riau Kepri, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan bjb.

“Dari 30 instansi yang terlibat dalam mal ini, terdiri dari 170 petugas dan 413 layanan,” ujar Gustian.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com