SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Saudagar Natuna Rambah Pasar Hongkong

Saudagar Natuna Rambah Pasar Hongkong
Sejumlah pekerja petik cengkeh turun dari KM Bukit Raya dan menaiki perahu pompong untuk menjangkau Pulau Serasan, Natuna. Dok.koran sindo batam

NATUNA – Rencana pembangunan pos lintas batas negara di Natuna disambut gembira pedagang besar di kabupaten ini. Dengan adanya perjanjian baru perdagangan lintas negara dengan Malaysia, perdagangan Natuna bisa merambah pasar Hongkong.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra mengungkapkan Natuna berpeluang besar bisa merambah pasar Hongkong dan Malaysia bila Pos Lintas Batas Negara (PLBN) bisa terwujud.

“Saudagar dan masyarakat Natuna sudah lama bermain di pasar Malaysia dan Hongkong. Hanya saja belum maksimal karena regulasi dan sarana,” ungkap Hadi, kemarin.

Dia menilai keberadaan PLBN mutlak diperlukan di Natuna kalau mau mengembangkan ekonomi dan memanfaatkan sumber daya alam. Sebagian masyarakat Natuna, lanjtu dia, sudah lama berdagang di pasar luar negeri terutama sekali di Malaysia dan Hongkong. Mereka juga punya relasi yang kuat di sana karena hubungan mereka bukan hanya membangun relasi dagang, tapi juga persahabatan dan bahkan kekeluargaan.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan selama ini hubungan dagang masyarakat Natuna hanya bisa dilakukan dalam jumlah yang sangat minimal. Jumlah barang dan durasi waktu serta jadwalnya ditentukan sangat minim oleh negara tujuan dagang.

Sehabis itu, proses kegiatan dagang luar negeri juga ditempuh dengan cara-cara yang sangat sulit oleh masyarakat. Dengan demikian ia mengaku tidak heran bila ada oknum masyarakat yang melakukannya dengan cara-cara illegal.

Salah satu yang dipersoalkan adalah keharusan membawa barang ke Batam terlebih dahulu yang kenyataannya justru membuat ongkos logistik lebih mahal sekalipun mendapat fasilitas FTZ.

“Selama ini kami pami minta izin dan membawa barangnya ke Batam baru bisa dipasarkan di luar negeri. Fakta ini sangat memberatkan bagi masyarakat, mereka bukan hanya menginginkan keuntungan yang lebih, tapi juga menginginkan legalitas dan kemudahan dalam kegiatan dagangnya ke luar negeri,” jelasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com