SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sebar Rekaman Hoaks, Emak-Emak Diamankan Polisi

  • Reporter:
  • Rabu, 24 April 2019 | 15:13
  • Dibaca : 129 kali
Sebar Rekaman Hoaks, Emak-Emak Diamankan Polisi
ilustrasi

BATAM KOTA – Jajaran Polresta Barelang mengamankan wanita berinisial NL, pelaku penyebar berita bohong (hoaks) tentang adanya kasus penembakan di kawasan Batam Kota, tepatnya di GOR Odessa, Botania. NL diamankan di kediamannya di Perumahan Pluto, Tanjunguncang, Senin (22/4).

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan mengatakan, pelaku sudah menyebar berita bohong ke publik melalui media whatsapp, sehingga membuat keresahan masyarakat terkait Pemilu.

“Pelaku menyebar rekaman di whatsapp, yang mengatakan bahwa ada keributan di PPK dan polisi melepaskan dua kali tembakan,” ujarnya, Selasa (23/4).

Andri menjelaskan, dengan adanya rekaman bohong tersebut, pihak kepolisian dan warga langsung turun ke lapangan, dan ternyata tidak ditemukan adanya keributan maupun melepaskan tembakan.

“Setelah kami selidiki, ternyata rekaman itu hoaks dan kami langsung mencari pelaku penyebar rekaman tersebut,” katanya.

Lanjut Andri, pelaku sudah diamankan di Mapolresta Barelang. NL sengaja menyebar rekaman karena iseng agar penyelenggaraan pemilu tidak aman. “Pelaku sudah mengakui perbuatannya, dan saat ini masih dalam proses pemeriksaan,” kata Andri.

Saat ini pihak kepolisian masih menetapkan satu tersangka dalam kasus ini, karena pelaku sendiri yang sengaja menyebar hoaks keributan dan adanya tembakan dari pihak kepolisian. “Baru satu orang diamankan, dan kami masih melakukan pengembangan,” katanya.

Andri menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyebar berita, gambar, video, maupun rekaman yang memprovokasi dalam pemilu.

“Jangan share berita atau video hoaks, karena ada pidananya,” ujarnya.

Sebelumnya, polisi juga sudah mengamankan empat pelaku penyebar hoaks dan saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka. “Ini upaya efek jera dari kepolisian agar tidak menyebarkan berita hoaks,” kata Andri. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com