SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sebulan, Imigrasi Keluarkan 2.000 Paspor

  • Reporter:
  • Rabu, 11 Juli 2018 | 13:46
  • Dibaca : 109 kali
Sebulan, Imigrasi Keluarkan 2.000 Paspor
Masyarakat Tanjungpinang sedang mengurus paspor di kantor Imigrasi Tanjungpinang, Selasa (10/7). F Muhammad Bunga Ashab

PINANG – Kantor Imigrasi Tanjungpinang mengeluarkan hampir 2.000 paspor kepada masyarakat dalam sebulan. Rata-rata pemohon mengajukan untuk keperluan melancong. Imigrasi menolak tegas pemohon yang ingin bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

“Rata-rata setiap hari antara 80-100 pemohon. Kalau ditotalkan setiap bulannya hampir 2.000 pasport yang kita keluarkan,” kata Humas Imgirasi Tanjungpinang Said Noviansyah, Selasa (10/7/2018).

Pemohon paspor pelancong paling banyak tujuan Malasyia dan Singapura. Alasan pemohon rata-rata ingin melancong, keperluan keluarga, dan berobat ke luar negeri.

“Kalau untuk keperluan TKI langsung kita tolak. Kita khawatir paspor yang diurus untuk TKI ilegal,” kata dia.

Said mengatakan pihaknya sangat berhati-hati untuk menerbitkan paspor pemohon. Sebab, khawatir paspor yang dikeluarkan disalahgunakan pemiliknya, seperti menjadi TKI dan bepergian ke luar negeri untuk menganut paham radikal.

“Mereka (pemohon) akan ketahuan pas di wawancara, paspor mau digunakan untuk apa,” kata dia.

Dia berjanji Imigrasi Tanjungpinang akan melayani masyarakat sebaik mungkin. Untuk memudahkan agar tak antre saat mengurus, pemohon disarankan mengambil nomor antrean lewat aplikasi Antrean Paspor.

“Masyarakat bisa ambil antrean lewat online, tapi aplikasinya harus download dulu di playstore dan registrasi,” ujar dia.

Siti, salah satu warga Tanjungpinang yang sedang mendatangi kantor imigrasi untuk mengurus paspor. Dia ingin memperpanjang paspor karena hendak bepergian ke Malaysia.

“Tapi ternyata belum bisa karena ada syarat yang kurang lengkap. Harus balik lagi mau lengkapi syarat yang kurang,” kata Siti singkat.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com