SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sehari, Belasan Penerbangan Dibatalkan di Hang Nadim

  • Reporter:
  • Kamis, 14 Februari 2019 | 16:21
  • Dibaca : 417 kali
Sehari, Belasan Penerbangan Dibatalkan di Hang Nadim
Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim, Selasa (12/2). Belasan penerbangan dari Batam ke sejumlah daerah dibatalkan dalam sehari karena penumpang sepi. f agung dedi lazuardi

NONGSA – Mahalnya harga tiket pesawat rute domestik dan penerapan bagasi berbayar berimbas pada penurunan jumlah penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim. Alhasil, sejumlah maskapai penerbangan terpaksa membatalkan sejumlah penerbangan karena penumpang sepi.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, pembatalan penerbangan sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Dalam sehari, ada belasan penerbangan yang dibatalkan dari Hang Nadim.

“Minggu 10 Februari ada 12 flight yang batal terbang. Senin 11 Februari ada 14 flight yang batal terbang dan Selasa 12 Februari ada 17 flight yang batal terbang,” ujarnya di Bandara Internasional Hang Nadim, Rabu (13/2).

Sementara itu untuk jumlah penumpang juga otomatis menurun, misalnya pada Selasa (12/2) penumpang datang sejumlah 5.219 orang dan berangkat 5.036 orang.

“Jumlah ini masih di bawah dari hari-hari biasanya,” kata Suwarso.

Sebelumnya, untuk hari Kamis 7 Februari ada 17 penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. “Pembatalan penerbangan pada tanggal 7 Februari, Garuda Indonesia 3 flight, Lion Air 9 flight dan Citilink Indonesia 5 flight,” katanya.

Sedangkan Jumat 8 Februari juga ada 14 pembatalan penerbangan yakni Garuda Indonesia ada 3 flight, Citilink Indonesia ada 3 flight, Lion Air ada 7 flight dan Sriwijaya 1 flight. “Sabtu 9 Februari ada 12 pembatalan penerbangan, Garuda Indonesia ada 4 flight, Citilink Indonesia ada 3 flight dan Lion Air ada 5 flight,” ujarnya.

Untuk jumlah penumpang sudah terlihat naik bila dibandingkan bulan lalu. Biasa rata rata per hari 5.400 orang dan saat ini 8 persen hingga 10 persen. “Saat ini sedang lagi naik sedikit jumlah penumpang, rata-rata saat ini 6-300 penumpang,” kata Suwarso.

Jumlah ini, sambungnya, masih dalam kategori menurun bila dibandingkan pada tahun lalu yang mencapai di atas 7.000 penumpang per hari. Meski begitu, penurunan dan pembatalan penerbangan ini pun tidak berpengaruh pada tujuan Internasioanal atau luar negeri. “Hanya berlaku untuk penerbangan domestik saja,” katanya.

dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com