SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sejumlah Titik Kios Liar Segera Ditertibkan

  • Reporter:
  • Kamis, 7 Februari 2019 | 16:14
  • Dibaca : 311 kali
Sejumlah Titik Kios Liar Segera Ditertibkan
Kabid Penertiban dan Penegakan Satpol PP Batam Imam Tohari. DOK SINDOBATAM

SAGULUNG – Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) Kota Batam menyatakan penertiban kios liar di sejumlah titik dipastikan akan terus dilakukan untuk mendukung pembangunan jalan. Tahun ini ada beberapa titik yang akan segera ditertibkan. Selain melanjutkan penertiban yang sudah dilakukan tahun lalu, ada beberapa titik yang juga baru dilakukan tahun ini.

Kepala Bidang Tantrib Satpol PP Batam, Imam Tohari mengatakan, setidaknya ada empat titik kios liar yang menjadi prioritas. Di antaranya di Suka Damai Tanjungpiayu, Simpang Barelang, Tahu Sumedang Mandalay Sagulung dan Simpang Garama sampai Restoran Golden Prawn, Bengkong.

“Mayoritas yang kami tertibkan ini untuk pembukaan jalan baru. Karena Pemko Batam saat ini kan masih terus membangun infrastruktur,” ujarnya, Rabu (6/2).

Pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi terkait dengan rencana penertiban tersebut, tujuan utama untuk menertiban adalah tidak untuk mematikan usaha para pemilik kios liar. Namun hal itu perlu dilakukan karena untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang saat ini memang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan Pemko Batam.

Kemudian terkait ganti rugi, Imam menjelaskan bahwa sebagaimana tahun lalu bahwa Pemko Batam tidak memberikan ganti rugi. Sebab kios liar mayoritas berdiri di atas lahan buffer zone atau lahan milik pemerintah. Sehingga Pemko Batam memang tidak menganggarkan untuk ganti rugi.

“Kami sudah sosialsiasi dan kami sampaikan dengan baik-baik. Bahwa penertiban kami lakukan bukan untuk menggusur tapi memang untuk mendukung pembangunan Batam,” katanya.

Sebelumnya, Kepala DBMSDA Kota Batam, Yumasnur mengatakan, infrastruktur masih menjadi prioritas Pemko Batam tahun ini. Adapun titik jalan yang akan ditingkatkan infrastrukturnya, yakni dari Simpang Kepri Mall ke Simpang Panbil Mall. Lajur di ruas jalan itu akan ditambah dua atau tiga lajur, dari dua lajur menjadi empat atau lima lajur.

“Untuk 2019, infrastruktur jalan masih mendominasi,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Selain itu juga ada ruas jalan dari Simpang Tiban Princess ke Tiban Indah, kemudian ke bagian dalam, juga akan ditingkatkan infrastruktur jalannya. DBMSDA juga akan melanjutkan proyek pekerjaan infrastruktur jalan, yang sudah dimulai tahun ini. Seperti pekerjaan jalan dari Simpang Kuda Seipanas ke Simpang Bengkong Seken.

Dari semula satu jalur dengan dua lajur, rencananya akan ditambah menjadi dua jalur, masing-masingnya memiliki dua atau tiga lajur. Kemudian dari Simpang Kabil ke Masjid Agung. Dari dua jalur dengan dua lajur masing-masingnya, akan ditambah menjadi lima lajur. Namun secara bertahap. Selanjutnya, dari Simpang Apartemen Harmoni ke Irinco, ke Simpang Polsek Lubukbaja. Dari dua jalur masing-masing dua lajur akan ditambah lajurnya.

Kemudian dari Simpang Baloi Centre ke Polsek Lubukbaja. Dari dua jalur masing-masing dua lajur, akan dibuat dua jalur masing-masing tiga lajur. Begitu juga dari Simpang Baloi Centre ke Kampung Nelayan, dari dua jalur masing-masing dua lajur, akan dibuat menjadi tiga lajur. Rata-rata peningkatan jalan ini juga disertai dengan pembangunan pedestrian.

“Selain dari APBD juga ada yang dibantu provinsi, dan akan dilanjutkan tahun depan pekerjaannya. Seperti dari Simpang Frengki ke BNI, ini dari provinsi atas usulan Pak Wali. Dari BNI ke underpass, dari Simpang Seiharapan ke Simpang Tobing juga akan disambung lagi,” kata Yumasnur. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com