SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sekda Batam Peringatkan PNS Nakal

  • Reporter:
  • Rabu, 22 Maret 2017 | 12:32
  • Dibaca : 633 kali
Sekda Batam Peringatkan PNS Nakal
PNS di lingkungan Pemko Batam mengikuti apel di Engku Putri. DOK SINDO BATAM

BATAM KOTA – Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin berjanji akan terus mengawasi kinerja PNS di lingkungan Pemko Batam dan menindak tegas jika masih ada PNS nakal. “Kalau sudah pelanggaran berat bisa kami pecat,” ujarnya di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (21/3).

Saat ini, beberapa PNS sudah diproses pemecatan, bahkan lebih dari 10 orang PNS yang bakal dipecat karena melanggar aturan PNS. Mereka merupakan pengguna narkoba maupun PNS korupsi. “Sudah diproses, (jumlah dan siapa saja) saya belum tahu persis,” kata Jefridin.

Selain PNS pelanggar hukum, Jefridin mengaku akan menindak tegas seluruh PNS terutama yang tak disiplin. Senin pekan lalu, ratusan PNS sudah ditindak karena tak disiplin. “Selama ini kami hanya terima laporan, setelah dicek BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) ternyata masih ada,” ujarnya.

Bagi mereka yang melanggar diminta tak lagi mengulangi kesalahan serupa di kemudian hari. Dia meminta PNS harus bekerja maksimal untuk melayani masyarakat.
Pemko Batam juga sudah memberikan sanksi sesuai peraturan yang ada, baik teguran lisan maupun tertulis.

Seperti diketahui, laporan tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Batam yang sering telat masuk kerja, bahkan bolos bekerja bukan sekadar isapan jempol belaka. Bahkan dari mereka tak sedikit PNS yang memiliki jabatan, mulai dari lurah hingga pejabat penting lainnya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad kerap menerima laporan PNS di lingkungan Pemko Batam tak disiplin. Membuktikan itu, Amsakar langsung mengecek absen kehadiran pegawai saat apel pagi di Dataran Engku Putri, Senin (6/3).

Sejumlah PNS kelabakan saat mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdindak) Batam itu ingin membuktikan laporan yang masuk ke dirinya terkait banyaknya PNS yang bolos saat jam kerja. Laporan itu ternyata bukan isapan jempol saja. Terbukti 108 pegawai telat masuk kerja. Parahnya, 10 PNS yang tidak datang kedapatan menitip absen ke rekan mereka. “Banyak laporan yang masuk ke saya,” kata Amsakar.

Prilaku PNS yang indisipliner ini sangat bertolak belakang dengan rencana Wali Kota Batam Muhammad Rudi guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Padahal Wali Kota sudah beberapa kali menekankan kepada seluruh PNS agar tak bermain-main dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, terutama yang berhubungan dengan kepentingan umum seperti kesehatan dan pendidikan.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com