SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Sekolah Diminta Buat Jalur Evakuasi Bencana

  • Reporter:
  • Kamis, 27 April 2017 | 10:19
  • Dibaca : 256 kali
Sekolah Diminta Buat Jalur Evakuasi Bencana
ilustrasi

MERANTI- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti Edy Afrizal meminta sekolah di daerah ini membuat jalur evakuasi bencana. Saat ini, sekolah di Meranti banyak yang belum memiliki peralatan penanggulangan kebakaran ringan.

“Kami juga akan melatih guru-guru, petugas sekolah dan murid cara menggunakan alat pemadam kebakaran ringan dan bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadinya kebakaran,” katanya di kantor BPBD Meranti, Selatpanjang, Rabu (26/4).

Edy mengatakan, BPBD Meranti terus melakukan sosialisasi kesiapsiagaan penanggulangan bencana, khususnya kebakaran di sekolah dan perkantoran. Apalagi, pembangunan gedung bertingkat di Selatpanjang kian menjamur.

Menurut dia, informasi yang disebarkan melalui siswa di sekolah-sekolah lebih efektif, karena para pelajar lebih mudah menerima transfer ilmu pengetahuan baru, dan cepat menyebarluaskannya kepada lingkungan, baik ke sesama teman, keluarga maupun lingkunganmasyarakat.

Ia mengatakan, jalur evakuasi saat bencana penting ada di sekolah, mengingat bencana alam merupakan peristiwa yang tidak terduga. Jika sekolah siap menghadapinya, maka dapat mengurangi resiko-resiko yang tak diinginkan.

“Selama ini, penyebab kebakaran banyak terjadi karena kelalaian manusia. Karena itu, manusia juga yang harus mencegah dan mengantisipasinya,” kata dia.

Pemicu kebakaran lain yang sering terjadi di daerah ini adalah sambungan listrik yang bercabang, dengan jaringan kabel yang tidak memenuhi standar. Banyak kabel di bangunan milik warga yang tidak memenuhi kekuatan untuk menanggulangi panas dari listrik. Ia mengimbau masyarakat berperan aktif mencegah terjadinya bencana kebanyakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com